Jurnalis Yang Bertanggung Jawab Harus Dibarengi Kompetensi Yang Baik

Politik457 views

Inionline.id – Sebagai sebuah profesi, setiap wartawan dituntut memiliki kompetensi jurnalistik yang baik. Terlebih di era digital saat ini, dimana arus informasi begitu deras dan akses masyarakat terhadap informasi begitu mudah diterima, sehingga setiap produk jurnalistik yang dihasilkan wartawan betul-betul harus sesuai dengan fakta, berimbang dan tidak meresahkan.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah sesuatu yang dibutuhkan saat ini, mengingat produk jurnalistik yang dibuat oleh wartawan memiliki pengaruh besar bagi kondusifitas suatu daerah, sehingga harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kompetensi.

Kita juga memahami bagaimana fungsi wartawan ini harus bisa menjadi penyalur aspirasi masyarakat. Wartawan juga harus bisa mengedukasi masyarakat tentang pembangunan-pembangunan yang dilaksanakan di suatu daerah.

Karena kondusifitas dan kebangkitan ekonomi Kota Bogor, Jawa Barat dan Indonesia ini juga sangat bergantung dari berita yang beredar, baik di online maupun media lainnya.

Menyinggung tentang berita hoaks merupakan musuh bersama dalam pembangunan daerah.

Banyak orang yang mengambil kesempatan dengan memanfaatkan teknologi tersebut untuk kepentingan pribadi bahkan untuk tujuan yang buruk. Sehingga hoaks harus dilawan melalui produk jurnalistik untuk memberi pemahaman kepada masyarakat.

Hoaks harus kita lawan dengan kerja keras dan rasa optimisme yang tinggi, termasuk juga dengan peningkatan kompetensi wartawan/jurnalis.

Kecenderungan saat ini media sosial jika bertemu sebuah peristiwa, diunggah tanpa melihat kode etik.

Maka tidak bisa dipungkiri UKW adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan media yang dapat menunjang perusahaan media bekerja secara profesional.

Kita harus memahami bersama lima fungsi media, diantaranya sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, kontrol sosial, lembaga ekonomi. Oleh karena itu, untuk melaksanakan lima fungsi tersebut, adanya UKW mutlak harus dilaksanakan oleh perusahaan media dan wartawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Semoga dengan peringatan Hari Pers Nasional ini, kita bersama2 bisa menyajikan dan menerima berita-berita dan produk jurnalis lainnya yang berkualitas sehingga menghadirkan kebaikan dan kemanfaatan yang luas bagi kita semua, Aamiin.