by

Ini 4 Cara untuk Menyiasati Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Inionline.id – Salah satu bumbu masak utama yang hampir selalu kita temui pada makanan adalah garam. Rasa asin yang diberikan garam menjadi penyedap rasa pada makanan yang kita konsumsi.

Kandungan sodium dalam garam sesungguhnya merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya, ketika kamu mengonsumsinya secara berlebih, dampak positif yang ada di dalam garam bisa seketika raib.

Lebih buruk lagi, dampak positif yang ada dari garam bisa digantikan oleh dampak buruk yang seharusnya kamu hindari. Oleh karena itu, konsumsi garam secara berlebih sesungguhnya merupakan hal yang sebaiknya dihindari.

Idealnya, setiap hari kita maksimal hanya mengonsumsi 1.500-2.300 miligram sodium setiap hari. Jumlah ini bisa lebih rendah pada mereka yang mengalami masalah tekanan darah tinggi.

Tanpa kamu sadari, sejumlah makanan yang kamu konsumsi ternyata memiliki kandungan garam yang tinggi. Hal ini terutama pada makanan kemasan maupun makanan olahan.

Untuk menyiasatinya, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan demi mengurangi konsumsi garam berlebih ini. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah cara untuk mengurangi asupan garam berlebih.

4 Cara untuk Menyiasati Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Perhatikan Konsumsi Makanan

1. Pilih-Pilih Makanan yang Dikonsumsi

Kamu mungkin menyadari bahwa cemilan yang kamu konsumsi seperti keripik singkong memiliki rasa asin dan kaya sodium. Namun sumber garam tak disangka ini ternyata juga bisa berasal dari makanan lain.

Sejumlah makanan sehari-hari ternyata memiiki kandungan tinggi sodium yang harus kamu hindari. Beberapa makanan ini berupa roti, sereal, keju, saus tomat, dan sejumlah makanan lain yang sebaiknya kamu batasi konsumsinya.

2. Perhatikan Label Nutrisi

Penting untuk mengetahui dari mana saja asupan sodium harianmu berasal. Mencari pengganti dari makanan tinggi sodium ini merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan.

Mengetahui jumlah asupan sodium ini bisa dilakukan dengan memperhatikan label nutrisi yang ada di kemasan makanan. Kamu juga bisa berkonsulasi dengan pakar nutrisi untuk menemukan pilihan makanan yang tepat dengan kebutuhan sodium harianmu.

4 Cara untuk Menyiasati Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Perubahan Cara Memasak

3. Ganti Garam dengan Rempah-Rempah

Cara lain untuk membatasi konsumsi garam harianmu adalah dengan menguranginya dan mengganti dengan bumbu lain. Hal ini bisa berdampak sangat besar dalam mengurangi asupan garam harianmu.

Penggunaan bumu atau rempah lain bisa membantu makanan yang kamu konsumsi tetap sedap. Di sisi lain, kamu juga bisa mencegah dampak akibat konsumsi terlalu banyak garam.

4. Masak Makanan dengan Cara Berbeda

Penggunaan cara yang berbeda dalam memasak bisa sangat membantu dalam menekan penggunaan garam serta minyak. Hal ini terutama bisa kamu lakukan terhadap makanan yang biasanya digoreng.

Mengukus makanan bisa membuatnya jadi lebih sehat dan tidak kehilangan kandungan nutrisi di dalamnya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat masak yang berbeda misal dengan air fryer.