IAIN Palu Segera Mengaktifkan Perkuliahan di Kampus II

Pendidikan157 views

Inionline.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, segera mengaktifkan perkuliahan dan pelayanan administrasi akademik di Kampus II di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

“Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan sudah akan berkantor di Kampus II untuk tahun ini,” ucap Rektor IAIN Palu, Sagaf S. Pettalongi di Palu, Minggu, 21 Februari 2021.

Sagaf mengatakan, Fakultas Tarbiyah merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbesar, yaitu sekitar 2.700 dari total jumlah mahasiswa IAIN Palu yang mencapai 9.000 mahasiswa.

Karena itu, kata Sagaf, pemindahan mahasiswa Fakultas Tarbiyah ke Kampus II akan dilakukan secara perlahan-lahan atau bertahap.  Hal itu juga disesuaikan dengan kondisi ketersediaan sarana prasarana yang tersedia di Kampus II IAIN Palu di Desa Pombewe, Sigi.

“Olehnya kami sangat berharap dukungan dari Kementerian Agama, Pemprov Sulteng dan Pemda Kabupaten Sigi berkaitan dengan pengembangan kampus ini di Sigi,” ujarnya.

Saat ini, Kementerian Agama melalui IAIN Palu telah membangun tujuh gedung berlantai tiga di kampus dua. Pembangunan atas gedung tersebut dilakukan di atas lahan seluas 21 hektare yang sudah bersertifikat hak milik.

Pembangunan tujuh gedung tersebut diawali sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 ini, yang pembiayaannya bersumber dari Surat Berharga Syariat Negara (SBSN), bahkan di tahun 2021 ini direncanakan akan dibangun gedung laboratorium dan perpustakaan di Kampus II.

Berkaitan dengan itu, Plh. Bupati Sigi Muhammad Basir mengatakan, bahwa Pemkab Sigi mendukung dan siap membantu pengembangan Kampus IAIN Palu di Kabupaten Sigi.

“Sesuai arahan dan komitmen Bupati Sigi, bahwa Pemkab siap memberikan bantuan dan dukungan sepenuhnya kepada IAIN Palu,” ujarnya.