by

Polda Metro Akan Menggelar Perkara Nasib Kasus Raffi Ahmad dkk

Inionline.id – Polda Metro Jaya bakal melakukan gelar perkara untuk menentukan kelanjutan dari penanganan perkara pesta sejumlah pesohor yang juga dihadiri Raffi Ahmad di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan pada Rabu (13/1) lalu.

“Iya [proses hukum masih berjalan] nanti kami akan gelarkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Senin (18/1).

Yusri belum dapat memaparkan lebih lanjut terkait waktu pasti gelar perkara tersebut akan dilakukan. Menurutnya, sejauh ini kepolisian belum menemukan dugaan tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 dalam acara tersebut.

Meskipun demikian, kata dia, hal tersebut masih belum menjadi kesimpulan dari penyidik dalam penanganan perkara.

“Belum (ada kesimpulan), nanti kan digelarkan. Tapi kalau dilihat dari ininya, itu kan privacy, mereka tidak diundang,” ucap dia menambahkan.

Sejauh ini, penyidik masih memperkaya penyelidikan tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi-saksi.

Selain itu, Yusri menjelaskan bahwa pihaknya sudah memintai klarifikasi terhadap para pemilik rumah dan pihak-pihak yang hadir dalam acara tersebut.

“Kami tetap mengklarifikasi beberapa,” ucap Yusri.

“Pemilik rumah pun sudah (diklarifikasi),” tambahnya.

Sebagai informasi, pesta tersebut dihadiri sejumlah pesohor, termasuk Raffi Ahmad pada Rabu (13/1) malam. readyviewed Kehadiran Raffi itu kemudian dipersoalkan publik, karena ia terlihat tak mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Padahal, siang harinya, Raffi baru saja mengikuti kegiatan vaksinasi perdana Covid-19 di Indonesia bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selain Raffi, dalam pesta itu diketahui sejumlah pesohor lain seperti Gading Marten, Once, Anya Geraldine, hingga Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Yusri menuturkan berdasarkan pemeriksaan diketahui acara itu hanya dihadiri 18 orang.

Pesta yang kemudian diketahui sebagai acara ulang tahun itu digelar rumah orang tua pebalap Sean Gelael di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan. Empunya rumah mengaku untuk tamu yang mengikuti acara telah menerapkan protokol kesehatan termasuk swab antigen sebelum masuk.

“Ternyata itu memang di dalam rumah, kami berpaku pada fakta-fakta yang ada. Privacy, mereka tidak diundang dan mereka juga menjaga prokes, ada swab antigen,” kata Yusri.