Mengapa Tea Tree Oil Dapat Mengatasi Jerawat, Ketombe, dan Masalah Kulit Lain?

Inionline.id – Dilansir Healthline, tea tree oil merupakan minyak esensial yang diekstrak dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. Selain disebut tea tree, tanaman ini juga dikenal dengan nama narrow-leaved paperbark. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Australia dan dimanfaatkan oleh suku Aborigin untuk pengobatan selama berabad-abad.

Saat ini, tea tree oil populer sebagai kandungan produk skincare dan haircare di dunia kecantikan. Minyak ini disebut memiliki khasiat antiseptik, antijamur, antibakteri, antiinflamasi, hingga antivirus. Sebenarnya, kandungan apa yang dimiliki tea tree oil? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kandungan Tea Tree Oil

Dilansir StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol. Kandungan terpinen-4-ol yang dimiliki tea tree oil terbukti dapat membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Terpinen-4-ol juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan bakteri dan ‘benda asing’ lainnya yang menyerang tubuh. Karena itulah tea tree oil efektif untuk mengatasi infeksi jamur, bakteri, dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit.

Sejumlah penelitian menunjukkan tea tree oil mampu membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae, H. influenzae, S. aureus penyebab infeksi luka, jamur Tinea pedis penyebab kutu air, dan onikomikosis (jamur kuku).

Dilansir Healthline, tea tree oil juga terbukti lebih efektif dalam mengatasi jerawat tiga kali lebih efektif daripada placebo dan sama efektifnya dengan benzoyl peroxide yang biasa digunakan untuk menangani jerawat.