Tinjau Langsung Pasca Pilkada Depok, M Ichsan Berikan Catatan Terhadap Sistem Informasi Rekapitulasi

Politik157 views

Depok, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat fraksi PKS, Mochamad Ichsan Maoluddin turun langsung memantau kondisi pasca pilkada serentak 2020 di Kota Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, pola perkembangan perhitungan yang menggunakan sistem informasi rekapitulasi yang hari ini, Kamis (10/12/2020) telah sampai di Kecamatan dan masih terdapat kendala dalam penghitungan suara.

“Saya mengunjungi PPK pancoran mas, beji, sawangan. Tadi ada kendala, jadi sistem informasi rekapitulasinya tadi sedang shut down, jadi panitia di tingat PPK itu belum bisa melanjutkan perhitungan,” ujar Ichsan.

Dirinya pun mengkonfirmasi kepada PKPU yang ternyata diakui memang terdapat kendala teknis.

“Jalan keluarnya, ketika sistem masih shut down dan akan menghabiskan waktu dan tenaga maka rekapnya harus manual,” terang Ichsan.

Legislator asal Kabupaten Bogor ini menilai bahwa sistem yang sudah dipersiapkan dari jauh hari ini diharapkan kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

“Apa yang menjadi kesulitan-kesulitan, apakah di log databasenya sehingga mengalami kendala, banyak hal sebetulnya yang menjadi faktor dan ini menjadi catatan bahwa per-hari ini kita saksikan di beberapa kecamatan di Depok itu penghitungan suara terhenti karena sistem rekapnya shut down sehingga tidak bisa di entry,” pungkas Ichsan.

Selain itu, Ichsan pun menginginkan agar kedepannya sistem perhitungan ini menjadi lebih komprehensif dengan terus dilakukan perbaikan.