by

Pelaku Pelempar Molotov ke Masjid Jakarta Barat Dites Kejiwaan

Inionline.id – Polda Metro Jaya masih menunggu hasil tes kejiwaan pelaku yang diduga melempar molotov ke Masjid Al Istiqomah, Jalan Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Hasil pemeriksaan tersebut bakal menjadi pertimbangan untuk mengembangkan kasus tersebut.

“Bagaimana hasilnya terkait si pelaku ini nanti kita tunggu hasil observasi di psikiater,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Minggu (27/12).

Yusri mengatakan pelaku melancarkan aksinya sekitar pukul 19.30 WIB kemarin, Sabtu (26/12). Botol berisi bensin itu kemudian dilempar saat jamaah berdatangan untuk menunaikan salat Isya.

Botol tersebut dilempar melewati bagian pagar masjid, lalu masuk ke halaman masjid. Bom molotov itu hanya sampai ke area parkir sepeda motor yang bersebelahan dengan tempat wudhu.

Sempat timbul kobaran api, namun berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Menurut Yusri, warga yang berada di sekitar lokasi pun langsung menangkap pelaku. Pelaku langusng dibawa ke Polsek Cengkareng. Saat ini kasus tersebut ditangani Polres Metro Jakarta Barat.

“Kemudian ditangani oleh polsek, kemudian sekarang diambil oleh polres,” ujarnya.

Yusri mengatakan pihak keluarga pelaku sempat meminta maaf ke Dewan Pengurus Masjid Al Istiqomah. Namun demikian, kata Yusri, proses hukum tetap berjalan sembari menunggu hasil kejiwaan pelaku keluar.

“Pak Lurah dan anak dari pelaku mendatangi Dewan Masjid untuk minta maaf, tetapi proses masih terus kita lanjutkan,” katanya.

Sebelumnya, aksi pelaku berhasil digagalkan warga yang berada di sekitar Masjid Al Istiqomah, Jalan Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Pelaku yang diketahui warga Kecamatan Kosambi, Tangerang itu langsung dibawa ke Polsek Cengkareng.