Ini Penyebabnya Sering Olahraga Tapi Bobot Tubuh Tak Turun

Kesehatan157 views

Inionline.id – Banyak orang yang berolahraga secara rutin dan mati-matian untuk menurunkan berat badan. Olahraga ini sering menjadi pilihan yang paling baik untuk menurunkan berat badan sembari menjaga tubuh tetap bugar.

Namun tak jarang juga terjadi bahwa walau kita sudah berolahraga secara rutin, namun berat badan tak kunjung menurun. Bahkan pada beberapa kasus, bukannya menurun, berat badanmu malah semakin bertambah.

Kasus unik seperti ini sesungguhnya bukanlah hal yang terlalu aneh. Banyak orang yang sudah aktif berolahraga namun berat badan mereka malah meningkat.

Sebuah peneliti mengungkap bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa membuat berat badan seseorang tak turun kendati sudah rajin berolahraga. Hal ini bisa terjadi lantaran kebiasaan lain yang dilakukan orang tersebut.

Sejumlah hal mulai pola makan hingga masalah kesehatan bisa jadi penyebab kamu mengalami hal ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah biang kerok yang bisa membuat berat badanmu tak menurun walau kamu sudah berolahraga secara rutin.

Kurang Air Putih

Air memiliki peran yang sangat penting agar kamu tetap sehat dan bugar. Kurangnya cairan pada tubuh selama olahraga bisa membuat kamu jadi makan lebih banyak.

Pada sejumlah kasus, seseorang sering salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Konsumsi air yang seimbang bisa menjaga pola makanmu dan membuat asupan air di tubuhmu tetap stabil dan kamu memiliki energi untuk terus berolahraga.

Makan Terlalu Banyak Setelah Berolahraga

Walau baru saja berolahraga, berat badanmu mungkin bertambah karena nafsu makan yang tak terkendali. Sebuah penelitian mengungkap bahwa seseorang mungkin kehilangan berat badan lebih sedikit karena meningkatnya nafsu makan usai berolahraga.

“Ketika kamu mulai berolahraga, tubuhmu akan membakar lebih banyak kalori,” ungkap Torey Armul dari Academy of Nutrition and Dietetics.

“Ketika kamu membakar lebih banyak kalori, tubuhmu bakal menginginkan untuk makan lebih banyak kalori untuk menutup apa yang telah terbakar,” sambungnya.

Pilihan Cemilan yang Kurang Sehat

Jenis cemilan yang kamu pilih sebelum dan sesudah berolahraga bisa berdampak sangat signifikan untuk menurunkan berat badan. Konsumsi makanan olahan yang kaya gula bisa membuat kamu kesulitan menurunkan berat badan. Sebaiknya ganti pilihan cemilanmu dengan makanan yang lebih sehat dan rendah lemak.

Protein dan Karbohidrat yang Terlalu Tinggi

Konsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah tinggi bisa berujung bertambahnya berat badan karena kalori berlebih. Armul mengungkap bahwa berolahraga di bawah satu jam tidak membuatmu membutuhkan tambahan karbohidrat atau protein.

Masalah Kesehatan

Ketika pola makan sudah tepat dan olahraga sudah dilakukan secara rutin namun berat badan tak kunjung turun, mungkin ada masalah pada kesehatanmu. Obat yang kamu konsumsi juga bisa jadi penyebab terjadinya hal ini. Segera temui dokter untuk menyelesaikan masalah ini.

Kurang Gerak

Walau kamu berolahraga secara rutin, namun ketika selepas itu kamu tak banyak bergerak maka tindakan tersebut bakal percuma. Olahraga saja tak cukup untuk menjaga berat badanmu dan kamu perlu tetap aktif secara fisik untuk hal-hal lainnya.

“Kesalahan paling umum adalah seseorang berolahraga sedangkan kegiatan sehari-hari lainnya menurun,” terang Jason Machowskydari Hospital for Special Surgery di New York City.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi penyebab kamu gagal menurunkan berat badanmu. Jika kamu sudah berolahraga secara rutin namun berat badanmu tak kunjung menyusut, bisa jadi beberapa hal ini merupakan penyebabnya.