LG Memperkenalkan Masker Pembersih Udara Bertenaga Baterai

Iptek157 views

Inionline.id – Perusahaan asal Korea Selatan LG baru saja mengumumkan sebuah masker yang berfungsi sebagai penjernih udara portabel. Gadget ini bernama Puricare Wearable Air Purifier.

Melansir The Verge, masker canggih ini menggunakan sepasang filter yang dapat digonta-ganti, serupa dengan mesin air purifier yang biasa jadi perangkat elektronik di rumah. Masker ini lengkap dengan kipas bertenaga baterai untuk membantu pengguna untuk bernapas.

LG sendiri mengatakan bahwa perangkat ini memiliki sensor untuk mendeteksi saat Anda menarik atau mengeluarkan napas. Dengan ini, masker bisa menyesuaikan kecepatan kipasnya.

Pengumuman gadget ini sama sekali tidak menyebut soal Covid-19, namun diyakini bahwa adanya perangkat ini adalah respons soal bahayanya pandemi untuk beraktivitas di luar.

Perlu dicatat pula bahwa LG juga tidak membuat klaim apapun soal masker ini mampu memperlambat penyebaran virus atau membunuhnya. LG bahkan tidak memberi komentar kala dipertanyakan langsung soal kemampuan masker ini melawan virus.

LG hanya menyebut bahwa masker ini butuh menunggu uji sertifikasi selesai untuk memberi rincian lengkap soal bagaimana masker ini melawan virus.

Pasalnya masker dengan kipas angin semacam ini pernah menjadi kasus karena meski melindungi pengguna dari persebaran virus, justru orang sekitarnya rentan terkena sebaran udara yang dikeluarkan masker.

Masker ini sendiri memiliki baterai 820mAh yang bisa digunakan selama 8 jam untuk mode rendah, dan 2 jam untuk mode tinggi.

LG sendiri masih belum memberi jadwal rilis serta harga. Namun dikonfirmasi bahwa masker ini akan tersedia di akhir tahun ini dan hanya untuk “pasar tertentu.”