Komunitas Bank Sampah Harum Asri Minta Anggota DPRD Jabar Dorong Potensi Ekonomi Pengolahan Sampah

Politik357 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD provinsi Jawa barat H. Mohamad Ichsan M. A.Md melaksanakan reses III tahun sidang 2019-2020 di komunitas bank sampah harum asri kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Senin (06/07/2020).

Dalam kesempatan itu Ichsan berdialog dengan para penggiat cinta lingkungan dari beberapa kecamatan se-Kabupaten Bogor.

“Saya dapat info bahwa di Cibinong ada penggiat komunitas bank sampah, dimana ini adalah salah satu komunitas yang patut ditiru, karena visinya adalah membuat kampung yang ramah lingkungan, dengan memisahkan sampah organik dan anorganik sebelum sampah itu dibuang, jadi ada semacam treatment bahwa pelaku-pelaku ini ingin membuat keseimbangan alam” imbuh Ichsan “seperti yang tadi kita komunikasikan dengan komunitas ini, bahwa sampah yang dianggap tidak memiliki potensi ekonomi ternyata bisa berubah dan menghasilkan.

saat sampah-sampah itu dikelola dengan baik dan mempunyai nilai ekonomi sesungguhnya dalam pemerintahan disebut PAD (pendapatan asli daerah),” lanjut Ichsan.

Komunitas ini ingin adanya perhatian dan support, selama ini biaya operasional diperoleh dari kerajinan yang dihasilkan kemudian dijual dan income nya itu buat pemberdayaan berikutnya lagi.

Iksan berharap agar giat dari komunitas bank sampah ini bisa terus berlanjut sehingga ke depan akan ada sarana fisik berupa tempat edukasi, sehingga kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan terus bertambah luas.

“Mungkin bisa jadi fasilitas yang bisa diperbantukan dari Pemprov entah itu transportasi atau bangunan tempat transit sampah-sampah itu atau tempat edukasi masyarakat,” kata Ichsan.

“harapan saya kegiatan yang dilakukan masyarakat ini didukung, karena kegiatan ini positif yaitu mengurai sampah yang ujungnya adalah pelestarian lingkungan dan pastinya akses dari anggota dewan untuk kebutuhan komunitas kami” kata Endang Pringgowati ketua komunitas Harum Asri, Kabupaten Bogor.

“saya berharap ada peraturan perpu dan Perda berkaitan dengan masalah sampah, semoga dengan kunjungan bapak Ichsan dapat mewujudkan dengan kebijakan yang sesuai dengan wilayah kerja beliau,” lanjutnya.

selain menyerap aspirasi masyarakat, sebagai penutup dalam reses kali ini Ichsan menyerahkan sejumlah masker sebagai bentuk cinta dan pedulinya dalam upaya pencegahan covid-19 di masyarakat. (AKB)