Saat Pandemi Corona Penyelundupan Kokain di Belgia Meningkat

Internasional057 views

Inionline.id – Pemerintah Belgia menyampaikan peningkatan penyelundupan narkotika jenis kokain ke negaranya selama pandemi Corona (COVID-19). Penyelundupan dilakukan di pelabuhan Antwerp.

Dilansir detikcom dari AFP, pejabat bea cukai Belgia, Kristian Vanderwaeren, mengungkapkan ada serangkaian penyitaan luar biasa selama masa pandemi Corona.

“Dalam beberapa hari terakhir telah terjadi peningkatan kejang yang substansial,” kata Vanderwaeren, administrator umum kepabeanan Belgia, kepada AFP, seperti dilihat detikcom, Selasa (1/4/2020).

Menurutnya, pengedar kokain mengantisipasi terhambatnya pengiriman karena wabah Corona. Sehingga, mereka langsung mengirim dalam jumlah besar saat ini.

“Mafia di Amerika Selatan mengatur dan menempatkan produk sebanyak mungkin dalam kontainer, mengetahui bahwa lalu lintas pengiriman ke Eropa akan menurun dalam beberapa bulan mendatang,” kata Vanderwaeren.

Di pelabuhan Antwerp, total lebih dari 1,6 ton kokain dicegat hanya dalam tiga kali pengungkapan.

“Tiga kali jackpot,” kata Vanderwaeren.

Penyitaan 300 dan 700 kg kokain jarang terjadi selama berbulan-bulan sejak musim panas dan tahun baru konsumsi di Eropa.

Dalam kejutan lain, tumpukan hampir 350 kg bubuk putih disita pada 16 Maret di bandara nasional Brussels dengan penerbangan dari Republik Dominika.

“Biasanya, kami menemukan 1 kilo, 1,5 kilo, 2 kilo … Tidak pernah kami memiliki jumlah seperti itu di dalam bagasi,” kata kepala bea cukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *