PDIP Kembali Tegaskan Gibran Punya Peluang Maju di Solo

Politik057 views

Inionline.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyebut bakal calon wali kota Solo Gibran Rangkabumi Raka memiliki peluang untuk maju dalam Pilkada 2020. PDIP mengaku memberi kesempatan bagi anak muda untuk tampil.

“Ibu (Megawati) dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai,” kata Sekretaris Jendral PDIP, Hasto Kristiyanyo, di Jakarta.

Hasto mengatakan, Gibran masih memiliki kesempatan dan dia mempunyai kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Dia melanjutkan, tidak sedikit pemimpin muda dari PDIP yang berhasil.

Meski demikian, dia mengaku, PDIP belum memberikan keputusan terkait calon wali kota Solo. Dia kembali mengatakan bahwa penetapan calon wali kota Solo merupakan kewenangan sepenuhnya dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hasto mengatakan, PDIP sedianya berencana mengumumkan pasangan calon kepala daerah yang siap diusung dalam rapat kerja nasional (Rakernas) I kali ini.

Namun, sambung dia, hal itu urung dilakukan mengingat banyak kepala daerah PDIP yang sedang melakukan kegiatan mencanangkan tanggap darurat untuk bencana. “Maka kemudian kami tunda. Kami lebih kedepankan kepentingan rakyat itu,” katanya.

Mantan sekretaris tim pemenangan Presiden Joko Widodo itu mengungkapkan bahwa pengumuman penetapan puluhan pasangan calon kepala daerah itu akan dilakukan usai pelaksanaan Rakernas. Kegiatan tahunan itu rampung dilaksanakan pada 12 Januari. “Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail, termasuk solo dan termasuk medan.,” katanya.

Seperti diketahui, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020 direncanakan digelar secara serentak pada September nanti. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *