Menkes Minta Masyarakat Tenang, Pemerintah Tentukan Siaga Satu Virus Corona

Jakarta, Inionline.Id – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto menghimbau agar masyarakat tetap tenang dalam menyikapi penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina.

Menurut Terawan, saat ini Kementerian Kesehatan telah siaga satu dalam mengantisipasi masuknya virus corona ke Tanah Air.

“Saya akan cek semua, termasuk pintu-pintu masuk negara,” kata Terawan pada Jum’at (24/01/2020).

“Kita sudah siaga satu ini, enggak ada tidurnya. Jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir,” ujar Terawan.

Sebelumnya, Kementrian Kesehatan mendapatkan laporan bahwa seorang karyawan Huawei diduga terjangkit virus corona sepulangnya dia dari Cina.

Menindak lanjuti info tersebut, dirinya langsung mendatangi lokasi kejadian di Gedung BRI, Jakarta Pusat. Karyawan itu kemudian menjalani pemeriksaan medis dan hasilnya dipastikan bahwa ia hanya mengalami flu biasa, bukan terjangkit virus corona seperti kabar yang beredar.

“Tidak terjadi apa-apa dan sudah dipastikan dia hanya sakit radang tenggorokan biasa. Pasien sudah dicek dan Dinas Kesehatan juga telah memberikan laporan ke saya,” tutur Menkes.

Terawan pun mengimbau agar semua pihak dapat menyaring setiap informasi yang beredar. Hal itu untuk menghindari adanya penyebaran informasi tidak benar alias hoaks yang hanya didasarkan pada asumsi, tanpa disertai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.

Dirinya juga menegaskan agar pemerintah terus memantau setiap perkembangan atas informasi kesehatan yang beredar di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *