Segudang Manfaat Kentang untuk Kesehatan Anda

Kesehatan057 views

Inionline.id – Bicara tentang kentang, tidak semua orang menyukai. Kentang termasuk salah satu makanan berat yang menyumbag banyak lemak. Namun, jika Anda suka kentang, Anda akan mengetahui bagaimana kentang bekerja untuk kesehatan Anda dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Mungki setiap orang memilih jenis sayuran favoritnya masing-masing. Tetapi, Anda pasti tidak melupakan si kentang yang menjadi kesukaan banyak orang. Namun, karena kandungan lemak dan karbohidratnya yang tinggi, kentang menjadi salah satu ‘musuh’ bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau diet.

Tidak hanya bagi orang yang diet, kentang juga menjadi pantangan bagi mereka yang ingin menjaga kebugaran tubuh. Memang, kentang tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Tetapi, jika dimakan dengan jumlah yang wajar, kentang baik juga untuk kesehatan Anda.

Kentang kaya akan serat dan kalium yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Seperti menurunkan tekanan darah, melindungi jantung, bahkan mengobati peradangan.

Dilansir dari Pinkvilla, berikut manfaat kentang jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat.

1. Baik untuk jantung

Kentang mengandung serat, kalium, vitamin C dan B6. Semua nutrisi tersebut baik untuk kesehatan jantung.

Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Penelitian juga menyebutkan serat dapat menurunkan risiko penyakit jantuk. Sementara, kalium mampu membantu melindungi jantung.

2. Memperkuat tulang

Magnesium dan kalium dalam kentang berkontribusi besar terhadap kesehatan tulang. Kedua mineral ini membantu mencegah keropos tulang pada pria dan wanita dan juga memperkuat tulang.

3. Membangun kekebalan

Berdasarkan penelitian, kentang juga berdampak bagi sistem kekebalan tubuh. Kentang bermanfaat untuk menurunkan leukosit yang diproduksi dalam tubuh manusia karena peradangan atau ketika seseorang sakit.

4. Membantu pencernaan

Kentang mengandung serat yang mendukung dan meningkatkan keteraturan sistem pencernaan. Pati dalam kentang menambah jumlah besar ke feses karena tidak dapat dicerna.

Kentang membantu menjaga diare dan menjadi kaya akan kalium karena mineral yang hilang karena diare. Sebagian besar serat dalam kentang ditemukan di kulitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *