TomaTomi Sabet Peringkat Pertama Makanan Ringan di ajang UKM Award 2019

Ekonomi257 views

Jakarta, Inionline.Id – TomaTomi milik Rini Arifiani berhasil meraih peringkat pertama UKM Pangan Award 2019 kategori Makanan Ringan yang diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kamis (17/9/2019).

Dalam ajang ini, sebanyak 59 UKM dari 500 UKM yang telah melalui proses seleksi untuk menjadi nominasi UKM Pangan Award 2019. Dimana, 59 UKM tersebut dinilai untuk mendapatkan Award dari dua kategori.

Menteri Enggar mengatakan, award tersebut dapat menjadi salah satu cara agar UKM di seluruh Indonesia menjadi naik kelas, sehingga dapat merangsang pelaku UKM lain untuk menciptakan produk yang inovatif dan kreatif.

“Terdapat pula keuntungan dalam sisi kepentingan pemasaran ini, (award) ini bisa ditunjukkan kepada para konsumen atau langganan bahwa paling tidak produk sudah bisa ikut dilombakan, dan bagi UKM yang mendapat award, konsumen akan lebih percaya lagi,” ujar Enggar.

Sementara itu, owner TomaTomi, Rini Arifiani mengungkapkan, dirinya berbangga karena dapat menang dalam penghargaan bergengsi untuk UKM ini.

“Saya bersyukur sekali bisa menang. Mau nangis karena engga nyangka bisa menang. Perjuangan saya untuk menaikkan taraf hidup para petani tomat di Tasikmalaya seakan dimudahkan.” tutur Rini.

TomaTomi merupakan cemilan sehat yang bahan dasarnya adalah tomat. Pembuatan TomaTomi sendiri memiliki kisah yang unik. Terinspirasi dari fenomena petani tomat di Garut yang memprihatinkan, yang mana Rini mendapati tomat saat itu tidak ada harganya bahkan petani yang sudah panen saja tidak mau memetik karena harga petik terlalu mahal ketimbang harga jual

Rini pun mencoba untuk mengubahnya menjadi sebuah peluang. Ditengah kondisi finansial yang cukup memprihatinkan, Rini pun menyulap tomat tersebut menjadi manisan tomat.
Saat ini, Rini terus berupaya melakukan inovasi dengan membuat produk olahan tomat baru yaitu selai tomat dan tomato powder. Dan berkat inovasi yang terus dikembangkan, Rini juga berhasil masuk finalis di ajang Wirausaha Muda mandiri (WMM) 2019. (JC) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *