Studi: Siswa Saat Ini Rentan Stres Akademik

Pendidikan057 views

Inionline.id – Stres di kalangan siswa semakin menggejala dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah studi menunjukkan bidang akademik jadi sumber utama stres pada siswa.

Dosen Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kartika Nur Fatahiyah mengungkapkan, dari empat siswa ada satu siswa alami stres akademik tinggi.

Ada beberapa faktornya mulai besarnya beban tugas, terlalu banyak materi yang harus dipelajari, kebutuhan siswa berprestasi akademik, tuntutan akademik yang diperkuat tekanan orang tua sekolah sampai teman sebaya.

Selain itu, kondisi kelas dan tidak mendukungnya sumber-sumber yang ada untuk meraih prestasi akademik turut menjadi faktor lain. Bahkan, ia merasa, faktor budaya memiliki peran timbulnya stres.

Ia menekankan, stres akademik yang dialami siswa sebagai dampak tuntutan, tekanan, beban akademik membutuhkan optimalisasi sumber daya individu untuk menghadapi dan mengatasinya.

“Salah satunya dengan afek positif,” kata Kartika saat menjalani ujian terbuka program doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ia menerangkan, afek positif sebagai pengalaman subjektif seseorang yang menyenangkan dan menunjukkan kondisi energi tinggi, konsentrasi penuh, dan siaga. Afek positif berperan penting.

Utamanya, dalam mendorong kesuksesan di berbagai bidang kehidupan. Serta, jadi komponen kunci penilaian dan cara menghadapi tekanan yang efektif menghadapi situasi penuh tekanan.

Sebab, mampu mengembangkan ketahanan psikologis untuk tumbuh dan keluar dari situasi merugikan. Melakukan penelitian ke 724 siswa SMP di Kabupaten Sleman, Kartika menggali lebih peran afek positif.

Khususnya, dalam memperluas dan membangun sumber-sumber pertahanan diri. Hasilnya, afek positif tidak berpengaruh terhadap stres akademik melalui koping proaktif dan orientasi tujuan penguasaan.

“Hal ini disebabkan tidak adanya pengaruh koping proaktif dan orientasi tujuan penguasaan,” ujar Kartika.

Namun, perlu diperhatikan walaupun afek positif berpengaruh kepada koping proaktif dan orientasi tujuan penguasan berpengaruh terhadap stres akademik.

“Tidak adanya pengaruh koping proaktif terhadap orientasi tujuan penguasaan menjadikan afek positif tidak berpengaruh kepada stres akademik,” kata Kartika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *