SKSG UI DAN IWAPI GELAR KURASI PRODUK UNGGULAN UMKM

Ekonomi257 views

Inionline.id – Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia (PS-KPP SKSG UI) Dr. Ir. Lita Sari Barus, M.Si bersama DPC Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Kurasi Produk Unggulan UMKM di Best Western Hotel The Hive, Cawang, Jakarta.

Lita Barus mengatakan, Universitas Indonesia mendukung kegiatan UMKM sebagai kegiatan ekonomi rakyat yang perlu dibina. Menurutnya, kegiatan pemasaran produk UMKM menjadi sangat penting agar keberlangsungan produksi dan usaha kecil menengah terus dapat bertahan.

“Bagian dari kegiatan pemasaran adalah branding produk, menjalin kerjasama perusahaan dengan organisasi-organisasi yang telah terhubung dengan pasar atau pembeli, serta pemasaran langsung ataupun pemasaran online,” jelas Lita Barus.

Dijelaskan olehnya, tujuan acara kurasi adalah untuk membuka peluang bagi para anggota dan UKM binaan Iwapi Jakarta Timur dengan menunjukkan kualitas produknya. Sementara kriteria kurasi produk unggulan terdiri dari tampilan, fungsi produk, kualitas produk, harga produk, kemasan produk, kecepatan produksi, dan material yang digunakan.

“Kurator yang hadir dari Iwapi Jakarta TimurĀ  ibu Hetty Sinaga, ibu Nofalia dari butterfly dan ibu E. Yopie Yanti SE, ME dari sentra oleh-oleh Bandara dan in flight Garuda.” Jelasnya.

Sementara Isye Faizah Ketua DPC Iwapi Jakarta Timur memaparkan, Iwapi berdiri sejak tanggal 10 Februari 1975 dan memiliki keanggotaan beragam di 256 cabang dan 33 provinsi.

“Mayoritas anggota Iwapi adalah para pengusaha kecil sebanyak 85%, pengusaha tingkat menengah 12%, sisanya merupakan pengusaha golongan besar 3%,” ujarnya.

Dijelaskan olehnya, Iwapi didirikan oleh Prof. Kemala Motik dan Dr. Dewi Motik, P. Msi, bertujuan untuk membantu perempuan Indonesia agar menjadi pengusaha yang tangguh dengan memberi mereka informasi, advokasi, pendidikan dan pelatihan serta akses ke lembaga keuangan. Iwapi juga membina, mengembangkan dan mempromosikan kerja sama bisnis antara anggota dan memperluas jaringan mereka dengan pengusaha global.

“Iwapi juga memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk di luar negeri dengan tujuan branding produk dan membuka peluang ekspor, jika ada pembeli yang tertarik disana,” tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan Iwapi Jakarta Timur yang terdekat untuk pemasaran ke luar negeri adalah Indo Festival di Canada September 2019 mendatang.

“Pengusaha yang berminat bisa menghubungi Iwapi Jakarta Timur. Saat ini Iwapi juga berusaha meningkatan kerja sama yang lebih baik dengan sektor swasta dan pemerintah.” Pungkasnya. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *