FESTIVAL PENCAK SILAT CIMANDE DIBANJIRI PESERTA

Headline357 views

BOGOR – Pencak Silat Cimande yang kelima kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dibanjiri peserta. sedikitnya, 520 atlit dan praktisi olahraga tersebut mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Padepokan Penca Aliran Cimande, Desa Cimande, Kecamatan Caringin pada tanggal 22-23 Juni 2019.

“Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam melestarikan budaya lokal dan mendorong potensi Penca Aliran Cimande sebagai potensi budaya dan Pariwisata,” ujar Kasi Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Kabupaten Bogor, Elly Karim.

Perhatian Disbudpar disambut baik oleh pemerhati Penca Aliran Cimande. Tidak kurang dari 13 kelompok terlibat dalam festival dengan jumlah total peserta mencapai 520 peserta. Festival diselenggarakan dalam dua hari dan terbagi menjadi dua kelompok festival pasanggiri, Festival Pasanggiri Cimande Original dan Festival Seni Ibing. Kegiatan berlangsung meriah dari pagi hingga malam hari.
Kepala Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor, Zainal Syafrudin mengatakan, Pencak Silat Cimande sangat potensial dikembangkan sebagai potensi pariwisata Kabupaten Bogor. Hal ini selaras dengan pernyataan Pak Yos Sudrajat, Asisten Administrasi Setda Kabupaten Bogor, dalam sambutannya saat membuka acara Festival. Menurutnya, Cimande merupakan kawasan yang sangat potensial berkembang sebagai potensi sport tourism di Kabupaten Bogor.
“Ini selaras dengan brand pariwisata Kabupaten Bogor, The City of Sport and Tourism. Penca Aliran Cimande merupakan salah satu aliran penca tradisional tertua di Indonesia,” katanya.

Peminat-peminat dari luar daerah bahkan dari luar negeri menunjukkan potensi yang sangat besar dari Penca Aliran Cimande.
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Angklung dan Festival Kaulinan Urang Lembur. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *