Samsung Galaxy M20 Vs Realme 3: Sasar Segmen Sama, Siapa Jawaranya?

Iptek257 views

Inionline.id – Menginjak bulan ketiga tahun 2019, persaingan pasar smartphone tanah air mulai terasa ‘panas’. Para vendor smartphone mulai bangkit dengan aktivitas perilisan perangkat yang berdekatan. Terbaru ada Realme 3 yang hadir menyasar segmen menengah ke bawah dengan harga Rp 2 jutaan. Di segmen tersebut sebelumnya sudah diisi Samsung dengan perilisan Galaxy M20 awal Februari lalu. Nah, artikel kali ini, kami akan mengadu kedua perangkat tersebut.

Antara Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 agaknya terdapat beberapa kesamaan. Sebut saja desain kekinian, performa yang mirip-mirip, dan beberapa aspek lainnya. Tidak heran, segmennya saja sama.

Berbekal hal itulah kami akan melakukan ‘adu banteng’ antara Realme 3 vs Samsung Galaxy M20. Untuk lebih jelasnya mengenai perbandingan kedua produk di atas, berikut ulasannya ihwal Realme 3 dan Samsung Galaxy M20. Sasar segmen yang sama, siapa jawaranya?

Performa Dan Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, memulai dari urusan jeroan atau dapur pacu lengkap dengan performanya. Sebagai permulaan, kami akan memulai lebih dahulu dari Realme 3 sebagai perangkat yang paling anyar. Lainnya, Samsung Galaxy M20 juga sebelumnya sudah pernah kami compare dengan produk sejenis.

Dari sektor performa, Realme 3 membawa bekal prosesor bikinan MediaTek Helio P60. Agak berbeda dari versi di India yang hadir dengan prosesor MediaTek Helio P70. Meski berbeda, berdasarkan pengujian kami sebelumnya, Realme 3 untuk pasar Indonesia tetap powerfull dengan System on Chip (SoC) yang dibawanya.

Helio P60 di balik kap mesin Realme 3 mengadopsi proses FinFET 12nm terbaru dari pabrikan TSMC. Ini diklaim lebih hemat daya 15 persen dibandingkan dengan prosesor 14nm sebelumnya. Selain itu, performanya juga disebut dapat menyaingi prosesor 10nm. Helio P60 mengadopsi struktur delapan inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73 dengan kecepatan clock P60 hingga 2,0 GHz.

Mendukung keandalan perangkat, Realme 3 mengusung padanan hardware grafis ARM Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz/900MHz untuk menjamin kinerja yang lancar. Seperti sudah kami singgung di atas, perangkat ini hadir dengan pilihan RAM/ROM, masing-masing yakni 3/32 GB, 3/64, dan 4/64 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, kamu bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD.

Beralih ke produk selanjutnya, dia adalah Samsung Galaxy M20. Dari aspek jeroan dalam hal ini prosesornya, handset teranyar dari Samsung ini ditopang SoC Octa-core Exynos 7904 (14 nm) 1,8 GHz. Sementara Samsung Galaxy M20, untuk pasar Indonesia, pembeli hanya disediakan opsi RAM/ROM 3/32 GB saja dengan padanan grafis Mali-G71 MP2. Ruang simpannya sama dengan Asus Zenfone Max Pro M2, yakni sama-sama bisa diekspansi dengan MicroSD hingga 512 GB.

Untuk segi performa, kedua smartphone tersebut sebelumnya sama-sama sudah kami uji secara intens. Artikel ulasan keduanya juga sudah tayang dan bisa dicek, baik Realme 3 maupun Samsung Galaxy M20. Berdasarkan pengujian kami, dari sektor performa Realme 3 agaknya unggul telak ketimbang Samsung Galaxy M20. Terbukti berdasarkan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark sintetis AnTuTu dan PC Mark. Realme 3 di atas kertas lebih andal dengan skor yang lebih tinggi ketimbang Galaxy M20.

Untuk hasil simulasi menggunakan AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme 3 mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 132391. Angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan perolehan skor AnTuTu dari produk kompetitor yakni Samsung Galaxy M20 dengan skor 108024. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 3 berhasil membukukan skor 7585. Lagi-lagi lebih besar dari Samsung Galaxy M20 dengan skor 5306.

Dengan perolehan skor segitu, Realme 3 terbukti tetap prima meski untuk pasar Indonesia datang dengan varian downgrade dibanding India. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan skor benchmark Realme 3 yang lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy M20.

Masih di sektor performa, Realme 3 sudah hadir dengan sistem operasi Android Pie, sementara Samsung Galaxy M20 masih membawa Android Oreo dan baru akan mendapat Pie diperkirakan Agustus 2019 nanti. Dengan performa yang demikian, Realme 3 harusnya bisa lebih ‘menggoda pasar’ dengan banderol harga yang lebih murah ketimbang Galaxy M20. Urusan harga kami bahas di paling akhir.

Layar Dan Desain

Aspek kedua, yang ingin kami bandingkan antara Realme 3 dengan Samsung Galaxy M20 adalah layar dan kamera. Dari segi layar, antara Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 terdapat kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik atau notch berbentuk serupa huruf ‘V’.

Layar dengan desain demikian macam-macam penyebutannya. Ada yang menyebutnya dengan waterdrop notch, dewdrop notch, dan yang lainnya. Sementara Samsung menyebutnya dengan Infinity-V. Intinya, layar dengan notch demikian digambarkan bak tetesan air atau tetesan embun yang menambah kesan lega daripada notch yang banyak beredar serupa iPhone X Series.

Realme 3 hadir dengan dengan layar water drop berukuran 6,22 inci. Realme 3 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 88,3 persen yang menghasilkan tampilan lebar. Layar dari Realme 3 memiliki aspek rasio 19:9 dengan resolusi HD Plus 1.520 x 720 piksel. Perlindungan corning gorilla glass 3 juga sudah hadir melindungi area layar Realme 3. Material layar dari Realme 3 sendiri adalah IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors.

Beralih ke Samsung Galaxy M20. Spesifikasi layar Samsung Galaxy M20 hadir dengan bentang seluas 6,3 inci dengan material PLS TFT 16M Colors. Samsung Galaxy M20 hadir dengan aspek rasio layar 19,5:9 dengan resolusi FullHD Plus 1.080 x 2.340 piksel. Samsung Galaxy M20 hadir tanpa perlindungan layar apapun.

Bergeser ke bagian belakang, kedua perangkat yang kami bandingkan juga sama-sama hadir dengan desain kekinian nan berkilauan. Namun untuk urusan desain, Realme 3 tampak lebih mentereng jika di head to head kan dengan Samsung Galaxy M20. Lihat saja perbandingan di atas. Kentara sekali, bukan? Realme 3 tampak lebih kinclong dengan sentuhan warna gradasi yang memikat mata. Sementara Samsung Galaxy M20 hanya hadir dengan warna tunggal dengan sedikit finishing berkilauan.

Urusan layar dan desain, hasil perbandingan lagi-lagi memenangkan Realme 3 daripada Samsung Galaxy M20. Realme 3 di sektor layar sudah hadir dengan perlindungan tambahan corning gorilla glass. Sementara Samsung Galaxy M20 polosan saja. Kendati begitu, layar Galaxy M20 hadir lebih lega sedikit dari pada Realme 3. Sementara dibagian belakang, desain Realme 3 juga lebih mentereng dengan warna gradasi yang kinclong. Samsung juga sudah kinclong, hanya saja belum mengusung warna gradasi guna menarik perhatian.

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Kedua smartphone yang kami bandingkan, Realme 3 dengan Samsung Galaxy M20, sama-sama mengenakan kamera ganda untuk sektor fotografi utamanya.

Dari sektor fotografi, Realme 3 membawa sensor 13 MP + 2 MP. Kamera utama 13 MP + 2 MP-nya hadir dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12 mikron. Kombinasi aperture f/1.8 dan lensa 5P yang besar merupakan lompatan bagus bagi Realme dalam memberikan hasil terbaik pada resolusi, cakupan warna, presentasi warna, dan berbagai komponen penyusun gambar yang lainnya.

Berada di bagian depan, Realme 3 menyematkan kamera depan 13 MP dalam kombinasi lensa 5P dengan aperture diperbesar menjadi f/2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12 mikron. Selfie yang diambil dengan model ini lebih baik dalam hal eksposur, restorasi detail, dan presentasi warna. Di sektor kamera, Realme 3 juga terbilang lengkap dengan berbagai atributnya, seperti PDAF, LED flash, panorama, dan fitur unggulan lainnya seperti nightscape dan chroma boost.

Beralih ke Samsung Galaxy M20. Kamera Samsung Galaxy M20 juga dilengkapi sensor utama ganda berukuran 13 MP (f/1.9) dan lensa ultra wide 5 MP (f/2.2). Untuk kebutuhan swafoto, Samsung Galaxy M20 dibekali sensor kamera depan sebesar 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan ini juga bisa membantu pengguna mengabadikan foto dengan efek bokeh.

Beberapa fitur penting kamera Samsung Galaxy M20, antara lain, LED flash (di bagian depan), panorama, HDR, dan perekaman video 1.080 piksel pada 30 FPS. Kamera depan kedua smartphone di atas memiliki kemampuan yang sama, yakni bisa digunakan untuk selfie dengan sudut ultra-wide dan fitur kecerdasan buatan atau AI.

Membandingkan kamera, sebetulnya kedua perangkat tersebut sama-sama bisa diandalkan. Namun sayangnya, Samsung Galaxy M20 kurang memperhatikan sedikit fitur tambahan yang membuatnya mampu menjepret gambar dalam beberapa situasi. Sebut saja saat malam hari. Untuk urusan jepret menjepret gambar di malam hari, Realme 3 di kamera belakangnya unggul berkat fitur nightscape.

Dengan fitur nightscape-nya, pemotretan malam hari jadi tak memiliki masalah. Walaupun kedua smartphone sudah disematkan LED flash light. Bagi sebagian orang, menjepret malam menggunakan lampu LED terkesan menghilangkan detail. Karenanya banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan fitur atau mode terbaru untuk mengakomodir jepret-menjepret foto malam hari.

Hadirnya fitur nightscape dapat membantu meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrem, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi seperti itu. Nightscape dapat secara lebih baik mengontrol kinerja eksposur bagian yang disorot untuk menyajikan detail lebih lanjut, meningkatkan bagian yang redup untuk menampilkan detail yang lebih baik, dan secara efektif mencegah noise guna membuat foto lebih bersih.

Penggunaan nightscape mirip dengan kamera long exposure. Dengan timing selama tiga detik, kamera akan menangkap cahaya lebih lama untuk membuat gambar menjadi lebih terang namun tidak over.

Lainnya yang membantu kamera Realme 3 lebih unggul adalah chroma boost-nya. Realme 3 ditambahkan dengan mode chrome boost yang menggunakan teknologi AI dapat membuat pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar.

Detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, serta eksposur yang lebih seimbang. Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik serta mengurangi gejala noise pada pemotretan low-light.

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Perlu diingat pula bahwa kedua produk yang kami bandingkan itu sama-sama hadir untuk segmen pasar menengah ke bawah dengan kamera ganda, desain kekinian, dan tentunya performa unggulan.

Dari segi baterai, Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 memiliki perbedaan di ukuran baterai. Samsung menggendong baterai berkapasitas 5.000 mAh dibalik kap mesinnya. Sementara Realme 3 membawa baterai sebesar 4.230 mAh. Ya, Samsung Galaxy M20 memiliki baterai lebih besar dari Realme 3. Apa yang bisa dilakukan dengan baterai segitu? Banyak. Konsumen bisa melakukan lebih banyak hal dengan kapasitas baterai segitu. Pun dengan masa pakai yang lebih panjang.

Untuk Realme 3 kendati hadir dengan baterai yang lebih kecil, perangkat tersebut tetap bisa diandalkan untuk kebutuhan daily driven. Pasalnya MediaTek Helio P60 hadir dengan multi-threaded APU (AI Processing Unit) ini mencakup prosesor multi-inti dan prosesor smart control logic. Fitur tersebut diklaim dapat menghasilkan kinerja dua kali lebih efisien dalam konsumsi daya dibandingkan GPU biasa.

Untuk fitur keamanan, Realme 3 hadir dengan keamanan berupa fingerprint scanner di bagian belakang dan face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan. Urusan kantong, seperti sudah kami singgung di atas, harga Realme 3 tidak terlalu menguras kantong dan tentu saja lebih murah ketimbang Galaxy M20. Realme 3 dilepas ke pasaran dimulai dari harga termurah Rp 1,8 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB. Kemudian banderol Rp 2 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/64 GB. Varian terakhir sekaligus tertinggi, RAM/ROM 4/64 GB, dilabeli Rp 2,3 jutaan.

Terakhir, untuk Samsung Galaxy M20. Urusan baterai handset tersebut memang hadir lebih besar dari Realme 3. Fitur keamanan penting seperti face unlock untuk membuka smartphone dengan sensor pembaca wajah dan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat juga hadir pada perangkat Galaxy M20. Urusan kantong, Samsung Galaxy M20 yang resmi hadir di Indonesia awal bulan kemarin dibanderol Rp 2,7 jutaan untuk penyimpanan RAM/ROM 3/32 GB saja.

Melihat komparasi di atas, sudah ada gambaran soal siapa yang menjadi jawara di segmen Rp 2 jutaan? Pilih Samsung Galaxy M20 atau Realme 3? Jawabannya ada pada kamu ya. Kedua smartphone tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan lebih dulu dengan kebutuhan kamu berdasarkan perbandingan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *