Aktris Thailand Maju Menjadi Calon Perdana Menteri

Thailand, Inionline.Id – Putri Ubolratana Rajakanya adalah salah satu anggota keluarga kerajaan Thailand yang paling terkenal. Sekarang sang putri adalah saudara perempuan dari raja saat ini Raja Maha Vajiralongkorn dan anak tertua dari mantan Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal pada tahun 2016 – sedang memasuki hiruk pikuk politik thailand, hari ini sang putri mengumumkan pencalonannya sebagai perdana menteri dalam pemilihan mendatang.
Dia dinobatkan sebagai kandidat untuk partai yang dikaitkan dengan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dalam perombakan signifikan sebelum pemilihan 24 Maret. Thaksin digulingkan dalam kudeta tahun 2006, dan saudara perempuannya Yingluck – juga mantan perdana menteri digulingkan oleh militer pada tahun 2014.
Profil media sosial para putri menunjukkan dia setuju dengan tweet Thaksin yang tampaknya menjadi kritik terselubung terhadap junta setelah Yingluck terpaksa meninggalkan negara itu pada tahun 2017. Ketika putri bungsu Thaksin, Paetongtarn mem-posting ulang tweetnya di halaman Instagram-nya, Putri Ubolratana menulis : “Saya setuju !!! Su Su”. (Su berarti “bertarung” dalam bahasa Thailand). ”
Puteri Ubolratana melepaskan gelar kerajaannya pada 25 Juli 1972 ketika dia menikah dengan orang Amerika Peter Jensen, yang dia temui saat belajar di Massachusetts Institute of Technology. Dia menerima gelar Bachelor of Science dari MIT dan melanjutkan untuk menerima gelar Master di bidang kesehatan masyarakat di University of California.
Dia adalah salah satu dari beberapa bangsawan yang terkenal menyerahkan gelar mereka untuk cinta, dari Raja Edward Inggris, yang turun tahta untuk menikahi Amerika Wallis Simpson pada tahun 1936 untuk Putri Mako Jepang, yang mengumumkan niatnya untuk menyerahkan gelar kerajaannya untuk menikahi Kei Komuro, seorang pengacara.
Puteri Ubolratana tinggal di AS selama 26 tahun hingga 1998, ketika ia menceraikan Jensen dan kembali ke Thailand. Dia dan Jensen memiliki tiga anak, Ploypailin Mahidol Jensen, Bhumi Jensen – putranya yang meninggal dalam tsunami Samudra Hindia 2004 pada usia 21 – dan Sirikitiya Mai Jensen.
Ketika dia secara permanen kembali ke Thailand dia dianugerahi gelar “Tunkramom Ying,” atau “Putri”. Lahir pada tahun 1951 di Lausanne, Swiss, nama lengkapnya adalah Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi.
Putri Ubolratana, 67, mengepalai empat yayasan nirlaba yang memperjuangkan kampanye anti-narkoba, dukungan bagi autisme dan orang miskin, serta yayasan amal lainnya, menurut Kementerian Kebudayaan Thailand.
“Dalam segala hal yang kita lakukan, kita harus mencurahkan hati kita, pengetahuan kita, setiap bagian dari diri kita sendiri, “katanya pada tahun 2017 dalam pidato untuk menandai ulang tahun ayahnya.” Bekerja dengan remaja dan dengan narkoba, ada begitu banyak kerumitan di baliknya, tetapi kami harus bekerja keras untuk membantu. ”
Tidak seperti saudara kandungnya yang lain, ia memiliki kehadiran yang signifikan di media arus utama melalui perannya dalam film-film Thailand termasuk ‘Where The Miracle Happens,’ dan ‘My Best Bodyguard.’ Duta besar lama industri film Thailand, ia sering terlihat di pemutaran film perdana dan festival seperti Cannes.
Di luar penampilan kerajaannya di badan amal dan acara, Princess Ubolratana adalah pengguna media sosial yang rajin yang memiliki hampir 100.000 pengikut di halaman Instagram pribadinya. Putri Thailand, yang juga seorang penyanyi, secara berkala memposting video dirinya bernyanyi dan menari selama liburan Natal dan menyelenggarakan konser pemuda.
Putri Thaksin, Paetongtarn, mengirimkan pesan dukungan kepadanya di Instagram hari ini: “Saya menawarkan semua dukungan saya dalam segala hal kepada Anda, Putri saya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *