Walikota di Polandia Tewas Ditusuk Saat Hadiri Acara Amal

Internasional257 views

Inionline.Id – Wali Kota Gdansk, Polandia, Pawel Adamowicz (53) tewas setelah dirawat di rumah sakit. Adamowicz ditusuk di depan ribuan orang saat berada di atas panggung acara konser amal bertajuk Great Orchestra of Christmas Charity yang nantinya dana dari acara ini akan disumbangkan ke berbagai rumah sakit.

Adamowicz langsung dibawa ke rumah sakit setelah diselamatkan di atas panggung. Adamowicz menjalani operasi selama lima jam di rumah sakit setempat namun nyawanya tak lagi tertolong.

Dokter yang operasinya mengatakan jantung Adamowicz terluka dalam penusukan tersebut. Serangan itu juga memotong diaphragm dan abdomennya. Dokter menambahkan selama operasi lima jam itu Adamowicz membutuhkan 41 unit darah.

Polisi berhasil meringkus pelaku sesaat setelah kejadian tersebut. Menurut polisi, pria berumur 27 tahun ini bisa menerobos masuk karena mempunyai akses media.

Pihak kepolisian menyebut, pria tersebut juga mempunyai catatan kriminal sebelumnya seperti, perampokan bank dan penyerangan terhadap petugas polisi. Pelaku juga baru keluar dari penjara satu tahun yang lalu.

Saat berada di panggung, pelaku dilaporkan berteriak “Adamowicz sudah mati” dan mengatakan partai Civic Platform yang memimpin pemerintahan sebelumnya dan mendukung Adamowicz, telah memasukannya ke penjara meski ia tak melakukan kesalahan apa pun.

Pelaku juga mengaku disiksa saat di penjara. Saat ini psikologis pelaku sedang diperiksa. Jaksa penuntut umum Krzysztof Sierak mengatakan pemeriksaan tersebut untuk mengetahui apakah pelaku bisa ditahan atas kejahatan kriminal atau tidak.

Ribuan orang berkumpul di berbagai kota di Polandia dan berkabung atas kematian Adamowicz. Adamowicz telah menjabat Wali Kota Gdansk selama 20 tahun dan dikenal sebagai pejabat yang menganut paham liberal karena memberikan perlindungan kepada para imigran. Inilah yang membuatnya berselisih dengan pemerintahan nasional konservatif Polandia.

“Kita kalah,” kata Menteri Kesehatan, Lukasz Szumowski kepada jurnalis melalui siaran televisi swasta, TVN, dilansir dari Reuters, Selasa (15/1). Pernyataan ini disampaikan Lukasz setelah para dokter melakukan operasi terhadap Adamowicz selama lima jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *