Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

Internasional057 views

Inionline.Id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menorehkan prestasi. Kali ini ia dianugerahi gelar Finance Minister of the Year 2019 Global and Asia Pacific dari majalah keuangan The Banker yang dimiliki oleh Financial Times.

The Banker menggarisbawahi kemampuan Indonesia yang tahan banting di bawah arahan Sri Mulyani meskipun negara ini mengalami berbagai tragedi di 2018, seperti gempa bumi di Lombok yang menyebabkan kerugian infrastruktur sekitar Rp. 5 triliun.

“Sebagai respons, Sri Mulyani melakukan modernisasi respons negara tersebut terhadap bencana alam melalui pembiayaan risiko bencana dan strategi asuransi baru,” tulis the Banker. Strategi tersebut akan mengasuransikan seluruh bangunan publik mulai 2019, melindungi, dan membantu percepatan pemulihan pasca-bencana, tambahnya.

Sebelumnya, Indonesia selalu mengandalkan dana darurat sebesar Rp. 3,1 triliun setiap tahun. Dana ini disisihkan dari anggaran untuk menutupi perbaikan setelah bencana alam.

Selain itu, majalah tersebut juga menyebutkan tragedi kecelakaan pesawat Lion Air yang menewaskan 21 pegawai kementerian.

“Sementara bergulat dengan tragedi kemanusiaan, negara ini masih mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan. Defisit produk domestik bruto untuk 2018 diperkirakan sekitar 1,86%, lebih rendah dibandingkan 2,19% yang diperkirakan dalam Anggaran Negara 2018,” tulis the Banker.

Anugerah Finance Minister of the Year, East Asia Pacific ini diberikan atas kiprahnya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakan Sri Mulyani juga dianggap kredibel dan efektif.

Ini bukan kali pertama Sri Mulyani mendapatkan penghargaan dari dunia internasional. Pada 11 Februari 2018, Menteri Keuangan Sri Mulyani dinobatkan sebagai menteri terbaik di dunia versi World Government Summit di Dubai pada 11 Februari 2018.

Selain itu, dia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets pada Oktober 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *