Restrukturisasi TNI, Presiden Jokowi Sebut Ada 60 Jabatan Baru

Nasional057 views

Inionline.Id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan restrukturisasi di tubuh TNI akan segera dilakukan dan akan ada kurang lebih 60 jabatan baru yang bisa diisi oleh perwira tinggi setelah Perpres restrukturisasi TNI diterbitkan.

“Jadi akan ada jabatan 60 ruang yang bisa diisi oleh kolonel untuk naik ke atas, jabatan bintang. Jadi ada 60 jabatan baru untuk bintang satu, dua dan tiga,” kata Jokowi usai rapat pimpinan TNI-Polri di Istana Merdeka Jakarta , Selasa (29/01).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus telah memerintahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk merevisi undang-undang tentang usia pensiun prajurit TNI setingkat Tamtama dan Bintara, dari 53 tahun menjadi 58 tahun.

“Saya sudah perintahkan Menkumhan dan Panglima TNI untuk merevisi usia pensiun Tamtama dan Bintara yang sekarang 53 tahun menjadi 58 tahun. Kalau umur 53 tahun kan masih seger-seger nya, masih produktif. Pensiun di usia 58 tahun. Usia pensiun Polri juga 58 tahun,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa 60 ruang jabatan yang akan direstrukturisasi itu sudah ada dalam peraturan presiden (Perpres).

”Kan sudah ada perpres. Perubahan Perpres 10 jadi 62 direvisi. Sudah ada jabatan. Seperti komandan korem (Danrem), tipe B dinaikkan jadi tipe A. itu sebanyak 21 Danrem. Otomatis dinaikkan jadi bintang satu. Dampak ke bawah letkol jadi kolonel,” imbuhnya.

Selanjutnya, sebanyak enam perwira yang menjabat Asisten Komando Strategis Angkatan Darat juga naik pangkat dari Kolonel ke bintang 1. Adapun Asisten Kostrad dengan jabatan Inspektorat yang semula bintang 1 akan naik menjadi bintang 2.

Hadi melanjutkan, Di TNI Angkatan Laut juga ada peningkatan kelas, seperti Lembaga Kesehatan Gigi dan Mulut (Lakesgilut TNI AU) dan materiil sebanyak 88 perwira. Sehingga, akan ada 160 kolonel yang ditarik ke jabatan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *