MUI: Tahun Politik, Politisi dan Tokoh Agama Jangan Sebar Pesan Negatif

Politik057 views

Inionline.Id – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid mengimbau kepada para tokoh agama, elit politik agar menahan diri dalam mengekspresikan pendapat. Terutama jelang tahun politik 2019, dia meminta agar para politisi tidak menyampaikan pesan negatif sehingga menimbulkan perpecahan bangsa dan ummat.

“Memasuki tahun politik sekarang ini, MUI mengajak semua pihak khususnya para pemimpin bangsa, tokoh agama dan elit politik hendaknya bisa menahan diri dalam mengekspresikan politiknya termasuk dalam menyampaikan pernyataan pendapat agar tidak menimbulkan suasana semakin panas, tegang dan penuh dengan kecurigaan,” kata Zainut.

Zainut menambahkan, perbedaan pendapat tidak harus diwarnai dengan saling menyerang menjelekkan, memfitnah, menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian. Sebab menurutnya, selain tidak memberikan pendidikan politik, hal tersebut juga akan menimbulkan keretakan membangun bangsa.

“Jadikanlah perbedaan aspirasi politik sebagai rahmat untuk saling menghormati dan memuliakan agar persaudaraan kebangsaan (ukhuwah wathaniyah) tetap terpelihara,” ungkapnya.

Zainut juga meminta kepada semua pihak agar berpolitik dengan santun dan menggunakan norma kesopanan. Agar tidak terjadi perpecahan saat pesta demokrasi.

“Dan marilah kita menjauhi budaya politik yang penuh dengan kecurigaan (suudz-dzon), pertentangan (ta’arudl), permusuhan (tanazu) dan persaingan (tabaghut) yang tidak sehat dengan menghalalkan segala cara,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *