Microsoft Akan Berhentikan Dukungan Untuk Windows 7

Iptek157 views

Inionline.Id – Microsoft secara resmi menyatakan akan berhentikan dukungan untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020. Windows 7 merupakan sistem operasi yang disenangi penggunanya bahkan ketika dahulu ketika Windows 8 dirilis.

Dibutuhkan waktu lebih dari 6 tahun untuk akhirnya menutup Windows 7. Sistem operasi tersebut diluncurkan pada akhir 2009. Versi Windows ini berada di antara dua rilis Windows yang dianggap gagal, yakni Windows Vista dan Windows 8.

Untuk membantu peralihan pengguna dari Windows 7 ke Windows 10, Microsoft masih akan memberikan dukungan tambahan. Namun untuk mendapat dukungan tersebut pengguna akan dibebankan biaya ekstra.

Dukungan itu pun bukan diperuntukkan para pengguna Windows 7 secara umum, melainkan hanya untuk pengguna bisnis dan enterprise/perusahaan besar.
Dengan membayar biaya tertentu, Windows 7 khusus untuk para pelaku bisnis dan enterprise akan tetap mendapat dukungan.

Namun jika pengguna memilih untuk tidak membayar, maka artinya setelah 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan lagi memberi jaminan keamanan kepada pengguna Windows 7.

“Windows 7 secara perlahan kian usang dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi modern saat ini terutama dari sisi kebutuhan keamanan tingkat tinggi. Kami belajar seharusnya menghentikan dukungan untuk Windows XP lebih awal untuk mengantisipasi kerugian dari sisi biaya dan serangan malware di masa depan,” tulis Head of Microsoft Jerman, Markus Nitschke.

Kebijakan ini dilakukan karena di penghujung 2018, pangsa Windows 10 di pasaran sistem operasi akhirnya tercatat melewati Windows 7 untuk pertama kalinya. Hal tersebut diungkapkan oleh data NetMarketShare dari firma analisis web Net Applications di bulan Desember 2018.

Pada Desember 2018, NetMarketShare mencatat Windows 10 memiliki pangsa 39,22 persen di pasaran sistem operasi. Angka ini naik dari 38,14 persen yang tercatat di bulan sebelumnya. Sementara itu, persentase Windows 7 tercatat berada pada angka 36,90 persen, turun dari angka 38,89 persen dari yang terekam di bulan November.

Dukungan resmi dari Microsoft untuk Windows 7 sejatinya sudah berakhir sejak 2015 lalu. Namun karena Windows 7 masih memiliki basis pengguna yang besar, Microsoft memberi dukungan tambahan hingga 2020 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *