Jakarta Islamic Center Gelar Kontes Robotik Untuk Para Pelajar

Iptek, Pendidikan057 views

Inionline.Id – Jakarta Islamic Center akan kembali mengadakan Kontes Robotik 2019 yang akan diikuti oleh pelajar tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas se-Jakarta. Kontes tersebut rencananya akan digelar pada 23-24 Februari 2019 di Jakarta Islamic Centre, sebagai rangkaian kegiatan Jakarta Islamic Education Fair (JIEF 2019).

“JIEF 2019 merupakan penyelenggaraan ketiga event pameran pendidikan Islam yang dilaksanakan. Peluang dan tantangan era Revolusi Industri 4.0 saat ini harus kita hadapi dan antisipasi dengan sebaik mungkin, khususnya bagi lembaga pendidikan Islam Jakarta,” ujar Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC Rakhmad Zailani Kiki.

Rakhmad menyatakan kontes robotik ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat pemahaman dan wawasan seputar sains, mekanika, dan elektronika robot bagi pelajar muslim Jakarta yang dikemas dalam bentuk kompetisi.

“Kami ingin membantu memajukan pendidikan Islam, khususnya di Jakarta. Karena kita semua paham bahwa dikotomi pendidikan Islam dan umum masih sangat kuat di Indonesia. Dan ironisnya pendidikan Islam selalu menjadi sub-ordinat dari pendidikan nasional,” kata Rakhmad.

“Dalam acara nanti tentunya JIC juga akan menggandeng rumah robot Racer dan Motecors. JIEF ketiga tahun ini dipastikan akan lebih meriah dan lebih semarak dibanding tahun sebelumnya,” tambahnya.

JIEF perdana dilaksanakan pada tahun 2017, selanjutnya untuk yang kedua kalinya dilaksanakan pada tahun 2018. Akhirnya, JIEF ketiga tahun ini dipastikan akan lebih meriah dan lebih semarak dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre mengapresiasi kegiatan kompetisi robotik yang akan dilaksanakan bulan Februari 2019 dan berharap kegiatan ini lebih semarak lebih bermanfaat serta dapat diikuti oleh para Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA se DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *