Investigasi Kasus Kematian Khashoggi, PBB Kirim Pelapor Khusus ke Turki

Internasional157 views

Inionline.Id – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan terlibat secara resmi dalam penyelidikan internasional independen atas kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Pelapor Khusus bidang Ekstrayuridis PBB Agnes Callamard mengatakan akan menetap di Turki selama sepekan untuk memimpin tim penyelidikan tersebut. Kunjungan Callamard Turki dijadwalkan berlangsung dari 28 Januari hingga 3 Februari 2019.

Dalam emailnya kepada Reuters dilansir The Guardian, Callamard berujar dia bakal mengevaluasi kondisi saat kejahatan terjadi dan sifat serta tanggung jawab negara.

Dia berkata penyelidikan itu bakal dibantu tiga orang pakar yang salah satunya mempunyai pengalaman forensik tanpa bersedia menyebutkan identitasnya.

Callamard menjelaskan bakal melaporkan kunjungan selama lima hari itu ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada Juni mendatang.

Kepala Human Rights Watch, Kenneth Roth, mengatakan kedatangan Callamard tidak bisa disebut sebagai penyelidikan PBB karena status pelapor khusus adalah sebagai pakar independen yang tidak dibayar oleh PBB dan merepresentasikan organisasi tersebut.

Sementara itu, Roth menganggap kasus Khashoggi membutuhkan penyelidikan internasional yang lebih kredibel.

“Saat ini kita menghadapi jalan buntu dalam menyelidiki kasus Khashoggi. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa (pembunuhan) ini adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS),” katanya kepada AFP .

“Langkah selanjutnya yang harus kita tunggu adalah sebuah penyelidikan PBB dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sangat ingin menghindari ini karena dia tidak ingin menyinggung Saudi.”

Sebelumnya, The Guardian memberitakan, sejauh ini Saudi menolak bekerja sama dengan Turki, dan memilih menggelar penyelidikan terhadap 12 tersangka.

Karena kasusnya tidak dipublikasikan, publik tidak bisa mengetahui pembelaan para tersangka maupun bukti yang dipergunakan.

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober 2018 ketika mengunjungi Kantor Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus dokumen pernikahan.

Dalam rekaman yang diklaim diperoleh otoritas Turki, Khashoggi tewas dengan cara dicekik dan setelah itu, jenazahnya dimutilasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *