Beberapa Jenis Makanan Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

Kesehatan257 views

Inionline.Id – Protein termasuk dalam zat gizi makro atau dibutuhkan dalam jumlah cukup tinggi. Para ahli merekomendasikan asupan protein harian sekitar 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk laki-laki.

Protein mempunyai banyak manfaat mulai dari membangun sistem imun, membentuk otot, mengurangi stres, menguatkan tulang, meningkatkan mood, regulasi hormon, dan lainnya.

Namun, masih banyak dari kita yang belum mengkonsumsi cukup protein. Selain dari makanan besar, sebenarnya kita juga bisa mendapatkan protein dari makanan selingan.

Berikut beberapa jenis makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat

Tofu atau tahu
Tofu atau tahu mengandung sekitar 8 gram protein dan 1,9 grm karbohidrat per 100 gram sajian. Tak hanya bagi para vegan, tofu juga bisa dikonsumsi bagi para pemakan daging.

Untuk membuatnya lebih berasa, potong tahu menjadi dadu dan goreng menggunakan bubuk cabai.

Ingin alternatif lainnya? Tofu terbuat dari susu kedelai segar yang dibekukan. Maka, kamu bisa mencoba memasukannya ke dalam kotak pembuat es dan mendinginkannya. Mirip seperti bagaimana keju dibuat.

Kacang almond
Kacang almond dikemas dengan kolesterol HDL yang bisa melindungi jantung, serat, selenium, seng, magnesium, vitamin E dan B, serta mengandung 10 gram protein per 50 gram sajian. Anda bisa menjadikannya cemilan sehat sambil menunggu jam makan siang tiba.

Biji labu
Biji labu mengandung 7 gram protein per 30 gram sajian dan mengandung tinggi antioksidan, zat besi, seng, potasium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya.

Meski bentuknya kecil, biji labu bisa memberikan lebih dari sekadar pengganjal perut antara makan siang dan malam.

Untuk menyajikannya, anda bisa memanggangnya dengan minyak kedelai kaya mineral atau memanggangnya di teflon.

Keju
Kandungan protein dalam keju berbeda-beda pada setiap jenisnya. Parmesan, Swiss, Pecorino, Edam, dan Gouda menawarkan protein tinggi antara 26 gram protein hingga 35 gram per sajian 100 gram dengan kandungan karbohidrat hanya sekitar 1,3 gram.

Sajikanlah keju bersama anggur tinggi antioksidan untuk mendapatkan tambahan energi di sore hari.

Dua telur rebus
Satu telur ukuran besar rata-rata mengandung 6 gram protein dan hanya 0,6 karbohidrat. Telur mengandung tinggi nutrisi dan cenderung rendah kalori dibandingkan makanan kebanyakan. Selain itu, mengkonsumsi telur juga tidak sulit. Bahkan, hanya dengan merebusnya saja sudah bisa dinikmati.

Edamame
Makanan yang sering disajikan di restoran Jepang ini adalah sumber protein yang sangat baik.

Seperti daging dan susu, edamame mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Setiap 50 gram sajian edamame mengandung sekitar 6 gram protein dan 4 gram karbohidrat.

Selai kacang
Satu sendok selai kacang (30 gram) bisa memberikan suntikan 8 gram protein dan 6 gram karbohidrat. Kombinasikan dengan batang seledri dan cemilan tersebut hanya mengandung 12 gram karbohidrat. Anda juga bisa memadukannya dengan potongan wortel untuk dijadikan cemilan yang mengenyangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *