Andalan Baru Pariwisata Kota Banjar, Wisata Mustika Taman Anggrek

Inionline.Id – Wisata Mustika Taman Anggrek merupakan destinasi wisata yang baru diresmikan pada 25 desember 2018 lalu dan diharapkan mampu menjadi pemantik pariwisata kota Banjar.

Mustika Taman Anggrek terletak di wilayah Lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Taman Anggrek ini bisa menjadi destinasi alternatif bagi masyarakat Banjar dan sekitarnya untuk mengisi liburan. Terlebih di wilayah sekitar Banjar, Ciamis dan Pangandaran, ini menjadi wisata dengan konsep taman bunga anggrek satu-satunya.

Tempat wisata yang dulu lebih dikenal dengan nama Wana Wisata Situ Mustika ini, dahulu ada sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan pinus milik Perhutani di tempat ini. Namun kondisinya yang kurang menarik, membuat objek wisata alam ini mulai ditinggalkan pengunjung. Kini terlihat elok nan cantik dengan berbagai aneka wahana dan warna warni bunga dan tumbuhan.

Di Taman ini terdapat ratusan bunga anggrek dengan puluhan jenis dari berbagai daerah di Indonesia. Pengunjung bisa menikmati keindahan taman, berfoto, juga wisata edukasi tentang berbagai jenis anggrek.

Terdapat beberapa spot untuk berfoto ria menghiasi album media sosial. Ada juga rumah pohon yang bisa dipakai untuk menikmati keindahan taman anggrek dari ketinggian, dan beberapa saung untuk makan-makan.

Tak hanya itu, di area ini akan dibangun Taman Madu. Berbagai jenis madu serta proses pembuatan madu secara alami akan dipajang di tempat itu. Selain bisa melihat proses terbentuknya madu, pengunjung pun bisa langsung membelinya.

Pengelola Mustika Taman Anggrek, Den Ato mengatakan, dilokasi ini pengunjung pun bisa berwisata edukasi karena terdapat taman Anggrek terbesar di Jawa Barat. Berbagai jenis tanaman Anggrek, menghiasi taman yang berada di kaki Gunung Babakan itu.

“Lokasi Mustika Taman Anggrek ini udaranya sangat sejuk, karena berada di kawasan perbukitan perhutani. Sehingga dalam hal ini bisa membuat betah para pengunjung,” imbuhnya.

Masih kata Ato, mengingat lokasi ini berada di area perbukitan kawasan perhutani, pengunjung pun akan disuguhi oleh beragam ekosistem tumbuhan dan hewan-hewan. Sehingga dapat menjadi edukasi bagi para pengunjung khususnya anak-anak.

Tiket masuk ke Mustika Taman Anggrek ini pun tergolong sangat murah, yakni hanya sebesar Rp. 5000 per orang untuk hari Senin hingga Jum’at, dan Rp. 7.500 per orang untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur. Dengan tiket murah inilah membuat tempat wisata ini dipadati pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *