Banyu Tibo, Bertemunya Pantai dan Air Terjun di Satu Tempat

Pacitan, Inionline.Id – Air terjun dan pantai merupakan dua destinasi favorit di kalangan milenial saat ini. Banyak air terjun dan pantai yang pemandangan yang apik. Namun, di Pacitan, ada tempat wisata unik dimana pantai dan air terjun saling berdampingan.

Pantai Banyu Tibo atau secara harafiah berarti pantai air terjun merupakan tempat fimana kita dapat menikmati wisata air terjun dan pantai sekaligus. Terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari Pusat Kota Pacitan adalah sekitar 32,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Jika ditempuh dari Kota Surakarta atau Yogyakarta, jarak menuju Pantai Banyu Tibo kurang-lebih sekitar 100 kilometer dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan.

Pantai ini berada pada sudut sempit dari garis pantai yang diapit oleh jurang karang. Kondisi geografisnya yang unik tersebut membuat banyak wisatawan yang datang untuk mengabadikan keindahan panorama laut yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia ini.

Air yang terjun ke pantai tersebut berasal dari sumber mata air bawah tanah yang terletak di pegunungan karst di utara desa. Oleh karena itulah rasa air tersebut tawar dan para wisatawan dapat dengan bebas merasakan kesegaran curah air terjun tersebut di atas pasir pantai.

Keistimewaan lain dari Pantai Banyu Tibo ini ialah air terjun disini tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau panjang. Kombinasi pemandangan pasir halus, laut, dan biru langit akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung saat berada di Pantai Banyu Tibo antara lain yaitu memancing. Bagi Anda yang hobi memancing bisa mencoba spot mancing disekitar area pantai ini. Di pinggiran Pantai Banyu Tibo ini didominasi dengan tebing-tebing karang yang menjadi tembok pantai ini, teknik rock fishing yang banyak dipakai oleh mereka yang hobi mancing.

Pantai Banyu Tibo buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5.000 untuk dapat menikmati keindahan di Pantai Banyu Tibo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *