Warga Jateng dan DIY Kini Langsung Terhubung Dengan Adanya Kereta Joglosemarkerto

Inionline.id – Kabar baik untuk warga Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka akan bisa lebih mudah saling menjangkau berbagai sudut daerah di kedua wilayah karena PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) segera meluncurkan kereta api (KA) dengan rute melingkar (loop) mengelilingi Jateng-DIY.

Rute yang bakal dilalui adalah Purwokerto-Jogja (DIY)-Solo-Semarang-Purwokerto (Joglosemarkerto) dan sebaliknya baik searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam. Kereta Api Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (1/12/2018).

Peluncuran ini dihadiri Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Bambang Eko Martono, Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto, perwakilan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Gunawati, dan para pejabat PT KAI Daop 6 Yogyakarta lainnya.

Prosesi peluncuran Kereta Api Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (01/12).(Foto/KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan dengan prosesi pemecahan kendi dan pemotongan tali rangkaian bunga. Tak lama kemudian, KA Joglosemarkerto diberangkatkan menuju Yogyakarta-Purwokerto-Prupuk-Tegal-Pekalongan-Semarang-Solo.

Sebenarnya, KA Joglosemarkarto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang Tawang-Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta-Solo-Semarang Tawang.

Selain KA Kamandaka, perubahan perpanjangan relasi juga dilakukan pada KA Joglokerto yang semula beroperasi dari Purwosari menuju Purwokerto PP, akan diteruskan relasinya hingga Semarang-Solo-Yogyakarta.

Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Bambang Eko Martono mengatakan, peluncuran KA Joglosemarkerto untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan lintas selatan dan utara. Selama ini, untuk menuju jalur utara, kereta api harus transit terlebih dahulu di jalur selatan.

“Jadi, ini (KA Joglosemarkerto) benar-benar istilah kita loop line (memutar) dari Solo-Purwokerto-Semarang-Solo lagi,” ujarnya di Stasiun Solo Balapan. Ada tiga rangkaian kereta yang disiapkan untuk rute itu. Masing-masing berangkat dari Solo, Semarang, dan Purwokerto.

Berdasar data yang beredar, tarif normal KA Joglosemarkerto cukup terjangkau. Sebagai contoh Solo-Pekalongan (via Purwokerto) dikenai tarif Rp200.000 untuk kelas eksekutif dan Rp115.000 untuk kelas ekonomi.

Untuk rute Semarang Tawang-Yogyakarta (via Gundih) sebesar Rp105.000 untuk kelas eksekutif dan Rp60.000 untuk kelas ekonomi. Khusus untuk periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, PT KAI memberikan diskon sebesar 10% untuk tiket KA Joglosemarkerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *