Pesawat Militer AS Jatuh, 6 Tentara Dinyatakan Hilang

Inionline.id – Enam anggota militer Amerika Serikat dinyatakan hilang setelah dua pesawat mereka jatuh, dalam operasi pengisian bahan bakar di lepas pantai Jepang. Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kecelakaan terjadi usai pesawat lepas landas dari Stasiun Udara Korps Marinir Iwakuni.

“Dua pesawat terlibat dalam kecelakaan sekitar 200 mil di lepas pantai Jepang sekitar pukul 02.00,” demikian pernyataan Marinir AS di Jepang, dikutip dari laman AFP, Kamis (06/12).

Sementara juru bicara dari Pasukan Bela Diri Jepang menyampaikan seorang penerbang yang terlibat insiden telah dapat diselamatkan. Namun enam orang sisanya hingga kini masih dalam pencarian dan belum diketahui nasibnya.

“Penerbang yang selamat telah diperiksa oleh dokter, sedangkan misi pencarian dan penyelamatan masih berlanjut untuk enam penerbang lainnya,” lanjut pernyataan Marinir.

Menanggapi kabar tersebut, Korps Marinir melansir pernyataan berbunyi, “Kami berterima kasih kepada Pasukan Pertahanan Maritim Jepang karena langsung merespons dengan operasi SAR.”

Personel tersebut merupakan awak jet tempur F-18 yang bertabrakan dengan pesawat pengisi bahan bakar KC-130 sekitar pukul 02.00 waktu setempat, setelah lepas landas dari Iwakuni.

Korps Marinir AS, dalam sebuah pernyataan singkat, mengatakan insiden itu terjadi pada pukul 02.00 pagi waktu Jepang pada hari Kamis. Kedua pesawat diluncurkan dari Pangkalan Udara Korps Marinir Iwakuni untuk menjalani misi pelatihan rutin.

“Operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut untuk pesawat Korps Marinir AS yang terlibat dalam kecelakaan di lepas pantai Jepang sekitar jam 02.00 pagi pada 6 Desember,” bunyi pernyataan Korps Marinir Amerika, yang dikutip Reuters.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *