Kesepakatan Yang Terjalin Jelang Debat Capres-Cawapres 2019

Nasional, Politik157 views

Inionline.Id – KPU telah mempersiapkan tahapan-tahapan untuk pelaksanaan debat capres-cawapres pada pemilu 2019. Beberapa kesepakatan pun telah terjalin antara KPU, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Kiai Ma’ruf, dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Pelaksanaan debat pasangan capres-cawapres Pemilu 2019 digelar selama 120 menit (2 jam). Debat selama lima kali tersebut seluruhnya digelar di Jakarta. Dan akan dilaksanakan di hotel yang representatif untuk semua pihak” kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng.

Arief mengungkapkan, jadwal pelaksanaan debat pun sudah dipastikan. Namun, kepastian itu hanya untuk debat pertama hingga debat keempat saja. Untuk debat terakhir masih di bahas waktu pelaksanaannya oleh KPU, TKN dan BPN.

Debat pertama akan dilangsungkan pada 17 Januari 2019, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta. Debat kedua pada tanggal 17 Februari di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Debat ketiga diadakan pada 17 Maret dilaksanakan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Lalu, debat keempat pada 30 Maret di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta.

“Debat pertama akan mempertemukan dua pasangan capres-cawapres. Kemudian debat kedua dilakukan antar capres saja. Debat ketiga digelar antar cawapres. Debat keempat kembali akan mempertemukan dua capres. Terakhir, debat kelima kembali untuk pasangan capres-cawapres” ujar Arief.

Arief melanjutkan, KPU, TKN dan BPN juga telah menyepakati tema debat yang akan diangkat pada setiap pertemuannya.

Pada debat pertama, tema yang diangkat yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat kedua akan mengambil tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, infrastruktur.  Debat ketiga, membahas soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Debat keempat mengambil tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, hubungan internasional. Lalu, debat kelima akan membahas ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri.

Arief mengungkapkan akan ada panelis dari beberapa pakar yang ada untuk mempertajam tema pada setiap debat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *