Kakek Lulusan SD, Ubah Sampah Plastik Menjadi BBM

Iptek557 views

Blitar, Inionline.id – Muryani (59) adalah seorang warga blitar yang mampu menciptakan alat canggih yang menghasilkan bahan bakar minyak dari daur ulang sampah plastik. Alat ini diberi nama Destilator.

Alat daur ulang tercipta berawal dari keprihatinannya terhadap tumpukan sampah di bank sampah Kelurahan/Kecamatan Wlingi, Blitar, tempatnya bekerja. Sampah tersebut menimbulkan bau tidak sedap bagi warga sekitar dan berpotensi mengganggu kesehatan.

Destilator ini dapat menciptakan 3 jenis bahan bakar yaitu Premium, Solar, dan Minyak tanah. Awalnya Muryani sering gagal dalam melakukan percobaanya namun seiring waktu akhirnya muryani dapat menemukan komposisi yang pas untuk menciptakan bahan bakar dari daur ulang plastik.

Berbekal ilmu yang diajarkan ayahnya, jika semua plastik mengandung gas, kakek 7 cucu ini berpikir keras untuk merakit alat tersebut. Apalagi pekerjaannya sebagai petugas kebersihan, dengan mudah mendapat sampah plastik sebagai bahan percobaan.

“Tahun 2009 alat ini bekerja sesuai yang saya harapkan. Bisa mendaur ulang sampah plastik jadi tiga jenis bahan bakar,” jelas Muryani ditemui di tempat kerjanya, Selasa (7/11/2017).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *