Warga Ciluar Batas Bingung Buang Sampah, Is Budi Perjuangkan Keinginan Warga

Bogor, Inionline.Id – Jangan remehkan pembuangan sampah, hal yang kelihatannya sepele ternyata menjadi derita bagi warga kampung Ciluar Batas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Melalui ketua Rukun Tetangga (RT) 06 Ujang Ismail menuturkan bahwa lahan di kampung Ciluar Batas sudah habis maka dari itu tadinya warga ingin membuat tempat pembuangan sampah di pinggir jalan raya Bogor. “Dari dinas sudah mendukung untuk tempat pembuangan sampah, namun ketika material sudah tiba dilokasi tempat pembangunan, tiba-tiba ada oknum Satpol PP yang mengaku dari Kecamatan Sukaraja tidak mengijinkan diwilayah tersebut dibangun tempat pembuangan sampah” ujar Ujang pada minggu (04/11) di kediamannya. Selain itu Ujang juga berterima kasih atas datangnya anggota komisi II DPRD kabupaten Bogor yaitu Sadari dan juga sekretaris komisi III DPRD provinsi Jawa Barat, Is Budi Widuri yang khusus hadir untuk memperjuangkan tempat pembuangan sampah warga kampung Ciluar Batas. Ujang juga berharap agar Is Budi Widuri mampu memfasilitasi kebutuhan warga Ciluar Batas hingga nanti memiliki tempat pembuangan sampah warga.
Ketika dikonfirmasi kepada Is Budi Widuri, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyatakan bahwa kampung Ciluar Batas yang berbatasan langsung dengan wilayah niaga sudah memiliki status darurat sampah. “Sinergitas antar warga, kepala lingkungan, pihak pemerintah serta swasta disekitar kampung ini agar bersinergi secara baik” ujar Is Budi. Langkah tercepat yang harus diambil menurut Is Budi adalah memberikan pendidikan serta kesempatan pada warga bagaimana mereka bisa mengelola sampah sehingga timbunan sampah yang ada dilingkungan tidak memberatkan warga sehingga bisa membuat bank sampah. Selain itu pengelolaan sampah ini menurut Is Budi akan mendatangkan penghasilan tambahan. “nanti urusan pemerintah adalah penanganan residu sampahnya, tetap harus dibutuhkan tempat pembuangan sampah terakhir tapi paling tidak volumenya sudah lebih sedikit dan bukan memindahkan timbunan sampah dari satu tempat ketempat yang lain” ujar Is Budi yang juga Calon Legislatif DPR RI nomor urut 3 tersebut. Lalu Is Budi juga meyakinkan warga akan membantu menyelesaikan problem sampah yang dihadapi warga Ciluar Batas secepat mungkin.
Ketika dihubungi melalui aplikasi WhatsApp untuk mengkonfirmasi kejadian ini oleh inionline.id, Camat Sukaraja hanya membaca pesan WA tersebut dan belum menjawab apa-apa. (Jc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *