My Neighbor Totoro Tayang di China Setelah 30 Tahun

Inionlone.id – China akhirnya akan menayangkan film anime My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro) garapan Hayao Miyazaki. Penayangan itu dilaporkan bakal dilakukan pada 14 Desember mendatang sebagai peringatan ke-30 sejak debut anime tersebut.

My Neighbor Totoro akan menjadi film pertama Studio Ghibli yang tayang di bioskop China. Nantinya, anime yang telah direstorasi secara digital akan memiliki teks asli Jepang dan versi sulih suara bahasa China khusus perilisan di Negara Tirai Bambu.

My Neighbor Totoro merupakan cerita yang dibuat di Jepang pascaperang tentang dua putri muda seorang profesor yang menemukan roh hutan.

Poster film My Neighbor Totoro (Foto/ imdb.com)

Satsuki dan Mei tidak punya prasangka apa pun saat pindah ke desa demi ibunya yang sakit. Setelah tinggal beberapa lama, barulah mereka menyadari bahwa ada roh-roh hutan yang berada di dekat mereka. Salah satu teman baru imut mereka bernama Totoro.

Film ini pertama kali dirilis pada 1988, bersamaan dengan karya Isao Takahata, Grave of the Fireflies. Kala itu, Totoro hanya mengambil untung sebesar US$5 juta di box office Jepang.

Meski demikian, film ini terus mengumpulkan penggemar dan pujian, hingga akhirnya menarik lebih dari US$250 juta dari seluruh dunia.  Totoro pun telah menjadi salah satu karakter favorit dan penjualan pernak-perniknya di Jepang telah mencapai lebih dari US$1,1 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *