Kenali Pneumonia, Penyakit Yang Diderita Stan Lee Setahun Terakhir

Inionline.id – Stan Lee, pencipta komik-komik Marvel, meninggal dunia pada usianya yang menginjak 95 tahun. Pria kelahiran New York, Amerika Serikat, 28 Desember 1922 ini mengembuskan napas terakhirnya saat dibawa dengan ambulans dari kediamannya di Los Angeles menuju Cedar Sinai Medical Center.

Meski belum diketahui pasti penyebab kematiannya, namun Bapak Superhero ini telah berjuang melawan penyakit pneumonia sejak satu tahun terakhir.

Pneumonia bukan penyakit main-main. Siapa pun bisa terserang, termasuk Stan Lee. Penyakit ini umumnya merupakan komplikasi dari infeksi pernapasan. Orang dewasa, anak-anak, dan mereka yang mengidap asma merupakan kelompok risiko tertinggi.

Setiap tahun dunia memperingati Hari Pneumonia yang jatuh pada 12 November. Dilansir dari laman hellosehat.com, pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut dengan paru-paru basah, sebab paru bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir.

Hari Pneumonia 12 November

Pneumonia sendiri bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, hingga virus dari udara yang dihirup. Biasanya, pneumonia akan diawali oleh masalah infeksi pada hidung dan tenggorokan yang mirip layaknya gejala pilek dan nyeri pada tenggorokan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa ada sekitar 6,5 juta kematian setiap tahun yang disebabkan oleh menghirup udara tercemar. Polusi udara dari rumah tangga juga menjadi penyebab 4,3 juta kematian prematur.

Dalam banyak kasus, infeksi ini sebenarnya dapat dicegah. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar tak terkena pneumonia adalah dengan pemberian vaksin serta menghindari berbagai faktor risiko dari penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *