PERINGATAN HUT RI KE 73, TANAMKAN RASA NASIONALISME DAN PERSATUAN DI HARI KEMERDEKAAN

BOGOR, inionline.id – Sejak pagi hari ketika matahari baru mulai terbit di ufuk timur, masyarakat dari berbagai pelosok mendatangi Lapangan Udara (Lanud) Atang Sendjaja. Kedatangan ratusan orang warga ini menarik perhatian umum, pasalnya kerumunan massa didominasi oleh masyarakat yang mengenakan pakaian dengan warna serba hitam.

Ternyata ratusan orang berpakaian hitam tersebut adalah para pejabat sipil maupun TNI-Polri, yang berbaur dengan warga lainnya, termasuk yang berpakaian sesuai budaya masing-masing daerah sehingga jumlahnya menjadi ribuan orang.

Berkumpulnya ribuan orang di Lanud Atang Sendjaja ini dalam rangka mengikuti kegiatan parade Nusantara, serta menyaksikan pameran dan Dirgantara Marching Band Competition.

“Pakaian warna serba hitam yang digunakan para pejabat pemerintahan dan TNI serta Polri, baik dari Kabupaten maupun Kota Bogor adalah jenis pakaian budaya Sunda sehingga terlihat sangat ikonik,” ungkap Kepala Penerangan Lanud Atang Sendjaja Letnan Kolonel (sus) David Rumayara saat dikonfirmasi waetawan, Sabtu (25/8/2018).

Dia mengungkapkan, selain kedatangan para pejabat sipil dan militer yang mengenakan pakaian adat Sunda, kemeriahan acara Parade Nusantara dan Pameran Dirgantara tersebut, semakin menarik dan semarak dengan kehadiran ratusan warga lainnya yang menggunakan pakaian budaya dari berbagai daerah.

“Semuanya merupakan peserta parade atau kirab Nusantara, yang dilaksanakan oleh Panitia Festival Merah Putih  dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan giat parade atau kirab Nusantara ini, lanjutnya, juga dilaksanakan arak-arakan bendera Merah Putih yang diusung oleh ratusan pelajar, dengan ukuran lebar 5 meter dan panjang kurang lebih 200 meter.

“Pawai bendera Merah Putih ini diiringi group Marching band, dimulai dari titik start di depan kantor Dinas Personel Lanud Atang Sendjaja dan mengikuti arah jalan seputaran Main Appron hingga finish di Shalter Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.” Pungkas Letkol (sus) David Rumayara. (MUL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *