Kemenkominfo Hibur Warga Leuwiliang Dengan Cerdas

Bogor, Inionline.Id – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar pertunjukan wayang golek pada sabtu (25/18/18) yang berlokasi di depan kantor kecamatan Leuwiliang, kabupaten Bogor. Lautan manusia memenuhi lapangan pada malam pagelaran tersebut. Rombongan Giri Harja 3 dibawah pimpinan dalang Wisnu Sunandar Sunarya dengan lakon Karna Tanding berhasil memukau penonton yang hadir pada malam itu.
Hal yang paling menarik pada pagelaran wayang tersebut adalah materi pendidikan nasionalisme yang dibalut dengan cantik oleh Kemenkominfo. Chairuka Yudyanto Nugroho selaku Camat Leuwiliang sangat mengapresiasi baik program wayang golek Kemenkominfo ini karena dirinya menilai warga leuwiliang haus dan rindu akan hiburan rakyat. “Alhamdulillah ini Kemenkominfo bawa wayang golek ke wilayah saya, masyarakat berbondong-bondong datang ajak sanak keluarganya sampai bawa samak buat ngampar dilapangan menyaksikan wayang golek” Ujar Chairuka. Dirinya juga menambahkan selain unsur hiburan pada acara ini dua dampak positif lainnya adalah silahturahmi antar warga kecamatan Leuwiliang semakin erat dan perekonomian sekitar jadi meningkat. “Saya perhatikan dari tadi tukang dagang dari mulai tukang kopi sampai tukang makanan semua pada beli, berarti ini program yang sangat bagus sekali” Ujar Chairuka.
Acara yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini dibuka oleh Camat Leuwiliang lalu dilanjutkan oleh H. M. Jaya Hudaepi. S. IP selaku PLH Sekretaris Ditjen Komunikasi dan Informasi Publik yang menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat. Putera asli Leuwiliang tersebut menyampaikan tentang bagaimana seharusnya masyarakat menggunakan tekhnologi khususnya telepon selular dan media sosial agar digunakan secara arif dan bijaksana. “Yang ingin saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini adalah bagaimana handphone tidak merusak persatuan dan kesatuan bangsa, caranya adalah gunakanlah hp anda dengan sangat bijaksana” ujar M Jaya. Dirinya juga berharap kepada Camat dan para kepala desa yang hadir agar pesan dari Kemenkominfo ini disampaikan ke masyarakat yang tidak hadir pada pagelaran wayang golek ini.
Sekretaris dinas komunimasi dan informatika kabupaten Bogor, Dr. Kardenal pun senang acara dari Kemenkominfo ini kembali digelar di wilayah Kabupaten Bogor. “Bangsa ini besar karena keberagamannya dan disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika” ujar Kardenal dalam sambutannya. Dirinya juga mengingatkan agar selalu menyebarkan pesan damai pada kehidupan sehari-hari dan bijak dalam menggunakan sosial media sehingga tidak ada perselisihan dikehidupan berbangsa dan bernegara.
Setelah sambutan usai, acara memasuki materi sesuai tema acara yaitu Merajut dan Merawat Kebhinekaan. Penyampai materi pertama adalah Ushuludin SH. MM selaku Kepala Pusdiklat Kemenkominfo. Dirinya tampak bersemangat membuka materi pertama dimana inti dari pesannya adalah bagaimana kita cerdas dalam hidup bermasyarakat. Pengisi materi kedua adalah Dr. Asep Salahudin, dirinya menyampaikan materi dengan lebih soft walaupun tidak mengurangi semangatnya dalam menyampaikan materi tentang pentingnya Pancasila. “Nasionalisme itu adalah bagian tidak terpisahkan dari keimanan” Ujar Asep menutup materinya.
Setelah itu pagelaran wayang dimulai dengan jumlah penonton semakin malam semakin ramai sehingga lapangan penuh sesak. (Joy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *