Menkes Bersama Pejabat Lainnya Melakukan Memantauan Jalur Mudik

IniOnline.id – Hari ini, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek bersama pejabat lainnya melakukan pemantauan jalur mudik di Pulau Jawa.
Pejabat yang ikut dalam rombongan tersebut adalah Menko PMK Puan Maharani, Menpupera Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meninjau jalur mudik Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Rombongan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan tiga helikopter. Lokasi pertama peninjauan telah dilakukan di Pos Layanan Mudik Terpadu di Cikopo Purwakarta.
Peninjauan selanjutnya menuju gerbang tol Kertasari, Jawa Tengah, dan diakhiri di _rest area_ Ngawi, Jawa Timur. Pemantauan itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada pemudik.
Tidak hanya itu, Kemenkes akan melakukan peninjauan fasilitas kesehatan yang ada di jalur Pantura dan Pansela (Pantai Selatan) Pulau Jawa. Mulai dari kesiapan pos kesehatan, rumah sakit, Puskesmas, Public Safety Center 119, hingga tenaga kesehatan.
Pulau Jawa menjadi fokus kesiapsiagaan karena memiliki jumlah pemudik yang banyak. Ada juga di wilayah lain seperti Sumatera Utara, Sumatera Selata, dan Lampung.
Diharapkan, dengan adanya pos-pos di sepanjang jalur mudik, masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik, sehingga mudik bisa berjalan aman dan lancar. (kemkes/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *