ISHAK-YUDHA VS DODI-GIRI KETAT, SIAPA MENANG ?

PALEMBANG–Menuju 5 hari pencoblosan Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 peta persaingan elektoral antar kandidat semakin ketat. Terutama Paslon Ishak-Yudha dan Dodi-Giri. Meskipun belum ada Paslon yang mencapai 30 persen, namun saat survei ini dilakukan, Ishak-Yudha menunjukkan konsistensi kenaikan elektoral.

Demikian kesimpulan penting hasil Survei independen Lembaga Studi Politik Nasional (LSPN) terakhir pada tanggal 10-20 Juni 2018.

Hasil Survei LSPN menjelang Pemilihan pada 10-20 Juni 2018

Menurut Rizal Marhaeni, Direktur LSPN, trend kenaikan elektoral paslon berbeda-beda, ada juga paslon yang terus menunjukan gejala penurunan elektoral.

“Jadi, ada yang konsisten naik, ada pula yang konsisten turun”, ungkap Rizal.

“Dari hasil Survei yang kita lakukan, semua kandidat mengalami kenaikan yang signifikan terlebih kepada pasangan calon nomor 3 kini pada posisi yang tertinggi dan disusul nomor 4, 1, dan 2,” terang Rizal saat dikonfirmasi oleh awak media, di Palembang, Jumat (22/06/18) kemarin.

Dari hasil Survei LSPN dukungan terhadap Ishak Mekki-Yudha Pratomo nomor urut 3 berada di angka 28,6% disusul oleh Dodi-Giri dengan mendapatkan angka 27,1%, sedangkan HDMY semakin menurun pada posisi ke tiga, di angka 20,3%, dan yang terakhir AS-RI mendapatkan angka kenaikan 11,3%. Adapun yang masih belum menjawab dan belum menentukan pilihan sebesar 12,7%.

Tren Survei dari bulan Januari Sampai Bulan Juni 2018

Rizal juga menjelaskan bahwa Survei LSPN tahap terakhir menjelang pemilihan ini menjelaskan secara gamblang. Jika dilihat dari bulan Januari sampai dengan Juni, dukungan terhadap hampir semua calon terus meningkat kecuali terhadap HD-MY. Paslon nomor 1 ini mengalami penurunan dukungan yang signifikan mulai dari 37,9% menjadi 20,3% yang mendukung HD-MY.

“Diprediksi yang akan bertarung di akhir masa kampanye sampai hari pencoblosan Ishak Mekki melawan Dodi,” katanya Rizal.

Dirinya juga berharap kepada semua paslon untuk tidak berkecil hati lantaran surveinya kecil dan merasa bangga karna surveinya tinggi. Survei hanya sebagai alat mengukur kekekuatan masing-masing kandidat.

“Semoga, dengan adanya hasil survei ini semua kandidat lebih semangat dan menunjukan kedewasaan politik agar memberikan pelajaran bagi masyarakat khsusnya warga Sumsel,” tandasnya.

Saat dikonfirmasi terkait Survei tersebut Muchendi Mahzarekki, Selaku Ketua Tim Pemenangan Ishak-Yudha, mengatakan untuk hasilnya kita serahkan takdir Allah swt, karena usaha dan ikhtiar telah dilakukan.

“Sekarang kita hanya berdoa untuk menjemput takdir kemenangan saja,” tandas putra sulung Ishak Mekki saat dikonfirmasi terkait survei LSPN di Palembang, Minggu (24/06). (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *