Elektabilitas Ishak-Yudha Naik Signifikan Hingga Salip HDMY

Palembang–inionline.id–Layaknya mendaki gunung menggunakan mobil dobel Gardan, elektabilitas pasangan Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 Ishak Mekki dan Yudha Pratomo Mahyuddin naik secara signifikan hingga menyalip elektabilitas HDMY yang awalnya mengalahkan semua Cagub. Hal demikian dikutikan dengan seiring berjalannya waktu, elektabilitas paslon no 3 Ishak-Yudha terus meroket. Seperti survei sederhana media social (Medsos) Facebook yang dilakukan oleh akun Krisyanto Arfian di Group MENUJU SUMSEL 1 TH 2018 tersebut menunjukan bahwa Ishak-Yudha menduduki peringkat pertama dari keempat pasangan calon.

Survei netizen Facebook dengan pertanyaan “Siapakah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018-2023 Pilihan Netizen?” ini, menempatkan pasangan calon nomor urut tiga (3) Ishak-Yudha sebagai paslon yang paling banyak dipilih oleh netizen (Warga Sosial media), disusul paslon no 1 HD-MY, lalu di posisi ketiga adalah Dodi-Giri dan terakhir Aswari-Irwansyah di posis ke-empat. Hasil tersebut diambil dari pukul 20.00 Wib-23.30 Wib setelah tiga jam dari survey dibuat.

Adapun rincian hasil survey medsos di group facebook MENUJU SUMSEL 1 TH 2018 sebagai berikut; Peringkat pertama ada pada Ishak-Yudha (No.3) dengan hasil 49.6%. Peringkat Kedua HDMY (No.1) dengan hasil 32.1%. Peringkat Ketiga Dodi-Giri (No.4) dengan hasil 12.5%. Dan Peringkat Keempat Aswari-Irwansyah (No.2) dengan hasil 4.2%. Adapun yang belum menentukan pilihan 1.6 % dari total jumlah anggota di Group tersebut.

Perlu diketahui bersama, bahwa sebelumnya beredar di sosial media Lembaga Survei yang mengatasnamakan SIRECT (Survey Interactiv Elektoral Communication Technology) telah merilis Survei pada Bulan Maret 2018 kemarin, mengungkapkan elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018-2023. Pasangan calon (Paslon) Nomor urut tiga (3) Ishak Mekki dan Yudha Pratomo Mahyuddin di posisi pertama mengalahkan paslon no urut 1 HDMY yang mana sebelumnya tinggi secara elektablitas survey.

Hasil Survey SIRECT Ishak Mekki Berhasil Salip HDMY

SIRECT merilis dengan margin of error 4,3 % menjelaskan bahwa elektabilitas Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018 tertinggi ada di nomor urut tiga (3) yaitu Ishak Mekki dan Yudha Pratomo dengan hasil 31,17 %, sedangkan elektabilitas Paslon no 1 yaitu HDMY turun berada di posisi ke dua dengan hasil 30,68 %. Adapun posisi ketiga secara elektabilitas pada paslon no urut 4 yaitu Dodi dan Giri dengan hasil 24,56 %. Dan yang terakhir diduduki oleh paslon no urut 2 yaitu Aswari-Irwansyah dengan hasil 13,59 %.

Survei Independensi yang mengatasnamakan SIRECT tersebut menjelaskan bahwa, pergerakan suara yang ada di Sumatera Selatan masih sangatlah dinamis, dan dari ke Empat pasangan calon Gubernur dan Wakili Gubernur no 1,2,3, dan 4 masing-masing memilki potensi yang sama. Yang perlu diperhatikan adalah awalnya elektabilitas Ishak Mekki dan Yudha Pratomo diposisi Ke tiga (3) Kemudian pada survey selanjutnya naik diposisi Ke Dua (2), dan kini Elektabiltas Ishak-Yudha naik di Posisi pertama (1) dari beberapa lembaga survey yang menyelenggarakan survey Pilgub di Sumatera Selatan 2018.

Menanggapi semakin bagusnya posisi Ishak-Yudha pada Pilgub Sumsel saat ini, Ishak Mekki menjelaskan bahwa semua itu berkat kerja sama dan kerja keras tim pemenangan, juga seluruh relawan-relawan Ishak-Yudha, maupun relawan Keluarga yang ada di Sumatera Selatan dalam menudukung Ishak-Yudha menuju Sumatera Selatan Lebih Baik. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas apa yang sudah mereka (relawan) lakukan. Dan semoga Allah SWT mencatat amal baik mereka.

“Kami dari calon Gubernur No urut 3 Pasangan Ishak-Yudha mengucapkan terima kasih banyak yang sedalam-dalamnya kepada seluruh tim pemenagan maupun partai pendukung, dan juga para relawan yang ada di seluruh 17 Kabupaten/Kota karena sudah bekerja keras untuk kami berdua, dan Kita tetap satukan tekad, rapatkan barisan, untuk merebut kembali kejayaan Sriwijaya dan menjadikan Sumsel Lebih Baik,” pungkas Ishak Mekki saat ditemui awak media di IMYP Command Center, Jalan Basuki Rahmat, Palembang, Selasa (03/04/18). (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *