Rumah Susun Pintar Ala Ishak-Yudha

Palembang–inionline.id–Dalam merealisasikan pembangunan ekonomi yang merata, mengentaskan kemiskinan, dan pengangguran masyarakat yang masih tinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Diperlukannya solusi cerdas dan tepat untuk menyelesaikannya.

Menanggapi hal tersebut, Pasangan Ishak-Yudha melakukan terobosan baru dengan melaunching konsep Rumah Susun (Rusun) Pintar guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Cawagub Paslon No 3 Yudha Pratomo Mahyudi saat kampanye dialogs dengan warga

Yudha Pratomo Mahyudin, Cawagub pasangan Ishak Mekki mengatakan, untuk menjadikan Sumsel Lebih Baik dari sebelumnya. Selain konsen pada pembangunan infrastruktur yang merata perlu adanya peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Kami berdua memberikan layanan Internet gratis di tempat-tempat strategis salah satunya Rumah Susun (Rusun) yang fungsinya untuk mengembangkan potensi-potensi perekonomian masyarakat rusun yang ada di Sumsel,” ujar Yudha saat ditemui awak media di Command Center Isyak-Yudha jalan Basuki Rahmat, Palembang, Sabtu (03/03/18).

Pemuda kelahiran Palembang 20 April 1979, Yudha menambahkan kedepannya layanan internet cepat dan Wifi Gratis selain meningkatkan pendidikan dan pengetahuan masyarakat, juga difungsikan untuk membantu pemasaran produk-produk lokal melalui E-Commerce agar pemasarannya bisa mencapai nasional dan mancanegara.

“Jadi, selain membantu anak-anak yang belajar melalui internet, masyarakat pedagang kaki lima dan UMKM bisa terbantu dengan adanya layanan internet gratis ini, salah satunya melalui e-commerce memasarkan semua produk masyarakat Sumsel melaui dunia maya (internet), mungkin selama ini konsumennya lokal saja. Kedepannya, kita bisa pasarkan ke Nasional bahkan Go Internasional,” jelas Ahli IT, Yudha Pratomo,

Perlu diketahui bersama problem mengenai pelaku UMKM selalu terkendala di wilayah permodalan, “Untuk menjawab hal demikian pula, Ishak-Yudha akan memberikan bantuan modal UMKM, hal ini bukan untuk memanjakan masyarakat, melainkan memberikan stimulus agar para pelaku UMKM tetap bersemangat dalam menjalankan usahanya, dan bisa membawa nama Sumsel harum di Nasional dan Mancanegara dalam pemasaran produk-produk lokal Sumsel,” imbuh tokoh Cawagub termuda, terkaya Sesumsel. Yudha Pratomo.

Kemudian, kedepannya dari hasil lounching Rusun Pintar ini selain fasilitas internet gratis dan Modal usaha. Ishak Yudha juga memberikan pelatihan-pelatihan UMKM melalui e-commerce agar masyarakat tidak gagap teknologi (Gaptek) dan menerapkan aplikasi-aplikasi tersebut.

“Tentunya kita, juga akan melatih pelaku UMKM, kita akan datangkan fasilitator-fasiltator ahli dalam bidang e-commerce, untuk meningkatkan pengetahuan, teknis-teknis pemasaran penjualan di dunia maya tersebut,” pungkas Yudha mengakhiri wawancaranya.

Sebelumnya, Pasangan Calon Ishak-Yudha no urut 3 tersebut sudah berkomitmen akan ada 6 (enam) agenda besar untuk menuju Sumsel Lebih Baik, yang terdiri dari 1. Konsentrasi pembangunan serta perbaikan jalan Provinsi/Kabupaten mulus dalam 1 (Satu) tahun, 2. Bantuan dana bergulir 10 jt bagi UMKM sudah dirancang dengan matang dan tepat sasaran tentunya, 3. Internet Cepat dan Wifi gratis di seluruh pelosok Se-Sumsel, 4. Revitalisasi Waduk dan Irigasi dan bantuan Pompa Air untuk pertanian, 5. Pengaturan tatakelola niaga Karet dan sawit yang menguntungkan petani, 6. Penyempurnaan sekolah dan kesehatan gratis tanpa Pungli.

Disisi yang sama, Wakil Gubernur Sumsel periode 2014-2018, Ishak Mekki juga menambahkan, selain menerapkan 3 program untuk Rusun Pintar, pihaknya juga akan terus mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat melaui pendidirian Sumsel Creative Hub, Community College yang baru-baru ini disampaikan oleh Yudha pada seminar Revolusi Pemuda di Era Millenial Digital yang diselenggarakan di Jakabaring Sport Center pada hari Jumat (02/03) kemarin, agar dapat bersaing dengan pasar ekonomi global.

“Gagasan-gagasan matang kita, kedepan tentunya akan membawa produktifitas serta keuntungan bagi masyarakat Sumsel,” pungkas Tokoh anak dari ulama besar di OKI tersebut yang juga kini mencalonkan menjadi Gubernur Sumsel periode 2018-2023. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *