Hal ini di Sampaikan Menag Saat Meresmikan Sembilan Balai Nikah dan Manasik Haji di KUA

Banda Aceh, IniOnline.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan jajarannya agar penguatan sarana prasarana yang telah dilakukan di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan berdampak pada peningkatan kualitas layanan publik.

Hal ini disampaikan Menag saat meresmikan sembilan Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Provinsi Aceh. Gedung gedung tersebut dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2017. Peresmian sembilan Balai Nikah dan Manasik Haji ini dipusatkan di UIN Ar Raniry Aceh bersamaan dengan Peresmian Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Psikologi UIN Ar Raniry.

Saat ini, total sudah lebih dari 850 Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan di seluruh Indonesia yang memiliki sarana prasarana baru seiring dilakukannya pembangunan melalui skema pembiayaan SBSN. “Revitalisasi KUA sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Ratusan KUA di Indonesia kini memiliki gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang representatif sebagai tempat layanan. Gedung tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Menag di Banda Aceh, Rabu (28/02).

Peresmian disaksikan Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh, Rektor UIN Ar Raniry Farid Wajdi, serta civitas akademika UIN Ar Raniry. Hadir juga Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim.

Sembilan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA yang diresmikan itu terlerak di KUA Peudada Kab. Bireuen, KUA Jangka Kab. Bireuen, KUA Samalanga Kab. Bireuen, KUA Setia Kab. Aceh Barat Daya, KUA Kuala Pesisir Kab. Nagan Raya, KUA Peunaron Kab. Aceh Timur, KUA Julok Kab. Aceh Timur, KUA Serbajadi Kab. Aceh Timur, dan KUA Gajah Putih Kab. Bener Meriah

Kakanwil Kemenag Daud Pakeh, menyampaikan terimakasih kepada Menteri Agama yang telah memberikan perhatian khusus kepada Aceh, baik untuk pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, maupun STAIN, IAIN dan UIN.

“Dari 272 KUA Kecamatan definitif di Aceh, alhamdulillah telah dibangun dengan SBSN 13 Gedung KUA. Tahun 2018 ini, bapak menteri kembali memberikan perhatian untuk pembangunan 7 Unit KUA Kecamatan melalui SBSN,” tandas Daud. (kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *