Serunya Berlibur Di Konservasi Penakaran Elang Loji

Bogor – inionline.id

Mengisi hari libur, tak ada salahnya berkunjung ke penakaran atau konservasi  hewan langka dan terancam punah. Ada penangkaran Elang yang bisa di kunjungi. Penakaran ini terletak di kaki Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di kampung Loji, Kecamatan Cigombong.

Dari Kota Bogor sendiri  hanya sekitar 1-1,5 jam untuk mencapai lokasi tersebut. Lokasi penakaran Elang ini tidak terlalu jauh dari lokasi jatuhnya pesawat sukhoi beberapa tahun silam. Untuk menuju ke penakaran Elang ini anda bisa mengguakan kendaraan pribadi, sepeda motor,dll. Dari Bogor ambil arah ke Lawang Gintung melewati stasiun Batutulis. Setelah menemui pertigaan ambil arah kanan ke Cijeruk, kemudian ke Pamoyanan, Cihideng, Pasir Jaya dan Loji.

Saat di pos penjaga kita harus mengisi buku tamu dan membayar karcis masuk sebesar  Rp.5.000 perorang dan biaya kebersihan sebesar Rp. 2000. Berjalan beberapa meter pengunjung akan mulai melihat beberapa kandang Elang, umumnya Elang di kandang ini ialah Elang yang belum lama di ambil dari warga.

Setelah itu kita harus meniti dan menyebrang jembatan gantung, wajib ekstra hati-hati ketika melintas, dan perhatikan setiap papan kayu karena banyak papan kayu yang sudah lapuk dan bolong. Meskipun sangat berbahaya jempatan gantung ini paling sering dijadikan spot foto.

Sesampainya disini anda tidak hanya bisa melihat penakaran Elang atau berfoto di jembatan gantung,  tetapi anda bisa bermain air di curug, serta melepas lelah di hutan pinus. Udara yang sangat sejuk, dingin dan bersih bisa anda dapatkan disini. (na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *