Sadis,17 Orang Tewas Terinjak-injak Saat Berebut Masuk Stadion di Angola

ANGOLA – Sebanyak 17 orang meninggal dunia saat berebut masuk stadion di Uige, Angola, untuk menyaksikan pertandingan sepak bola antar dua klub favorit.
”Ada dorongan yang menyebabkan orang-orang mati lemas. Beberapa orang harus berjalan di atas tubuh orang lain. Ada 76 korban, 17 di antaranya meninggal,” ujar Ernesto Luis, direktur umum dari rumah sakit setempat, sebagaimana dikutip Reuters, Sabtu (11/2/2017).
Dilaporkan, massa berebut masuk ke staidon tujuh menit setelah pertandingan dimulai. Saat itu, sebuah gol awal dicetak oleh Inacio Cassuque dari klub Recreativo de Libolo.
Saksi mata menyebutkan, saat 8.000 orang berusaha masuk dan stadion tidak bisa menampung jumlah dluar kapasitas, beberapa orang mulai jatuh sementara sebagian lagi menginjak-injak yang lain, sehingga memicu tragedi terburuk dalam sejarah belakangan ini.
Manajer klub Santa Rita de Cassia, Sergio Traguil, mengatakan bahwa perasaannya hancur setelah mengetahui tragedi itu. “Saya hanya tahu apa yang terjadi ketika saya meninggalkan stadion. Tidak ada seorang pun di sekitar kita yang tahu,” katanya.
Sementara Presiden Angola, Jose Eduardo dos Santos, telah memerintahkan penyelidikan mengenai peristiwa tersebut. (die)
Sumber : Reuters/poskotanews