Andrea Dovizioso Resmi Cuti dari MotoGP di 2021

Inionline.id – Andrea Dovizioso akhirnya membuat keputusan soal masa depannya di MotoGP. Rider Italia itu mengaku tidak akan menerima tawaran apapun untuk musim 2021.

Kontrak Dovizioso di Ducati akan habis pada akhir musim ini. Upaya memperpanjangnya mentok karena masalah gaji, di mana pabrikan Italia tak bisa memenuhi permintaan pebalapnya tersebut.

Dovizioso pun sempat dirumorkan bakal menuju tim lain, baik sebagai rider atau sekadar pebalap penguji. Salah satunya adalah ke Yamaha, setelah Garpu Tala kabarnya siap melepas Jorge Lorenzo ke Aprilia.

Spekulasi itu kemudian terpatahkan. Dovizioso mengumumkan, dirinya tidak akan menerima tawaran apapun untuk musim depan. Pebalap 34 tahun itu berjanji, dirinya akan segera kembali balapan jika menemukan tim yang cocok.

“Selama beberapa bulan terakhir, saya telah menerima beberapa tawaran untuk bekerja sebagai pebalap tes dalam mengembangkan proyek MotoGP. Saya berterima kasih atas pertimbangan tim pabrikan. Namun, saya telah memutuskan untuk tidak membuat komitmen apa pun dan tetap bebas dari perjanjian formal untuk saat ini,” kata Dovizioso, dalam penyataan yang dibuat di media sosial pribadinya.

“Saya memiliki hasrat yang besar untuk balapan. Saya masih memiliki ambisi untuk bersaing dan berjuang untuk menang. Saya akan kembali ke MotoGP setelah saya menemukan proyek yang didorong oleh hasrat dan ambisi yang sama dengan yang saya miliki, dan dalam organisasi yang memiliki tujuan, nilai, dan metode kerja yang sama. ”

“Sekarang saya fokus menyelesaikan Kejuaraan Dunia dengan cara terbaik. Saya sudah mulai mengembangkan beberapa proyek dengan mitra saya,” kata Dovizioso, yang sejak 2017 selalu menjadi runner up kejuaraan.

Musim ini, Dovizioso berada di peringkat ke-6 klasemen MotoGP 2020 lantaran baru mengoleksi 117 poin. Meski secara matematika masih bisa jurara, namun peluangnya sangat kecil, sebab kejuaraan tinggal menyisakan dua race lagi. Adapun klasemen kini dipimpin oleh rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, dengan 162 poin.