Pesan Tersirat pada Parade Militer Akbar Korea Utara Kala Pandemi

Internasional257 views

Inionline.id – Korea Utara akan menggelar parade militer akbar di tengah pandemi Corona. Ada pesan tersirat di balik parade militer Korut ini.

Delapan bulan usai penutupan perbatasan yang ketat guna mencegah penyebaran virus Corona, dalam parade itu Korut akan memamerkan persenjataan terbaru dan tercanggihnya. Parade ini bakal digelar pada hari Sabtu (10/10/2020).

Dilansir AFP, Kamis (8/10/2020), parade militer itu akan menandai ulang tahun ke-75 Partai Buruh yang berkuasa. Citra satelit di situs web 38North menunjukkan bahwa iring-iringan itu bisa sangat besar.

“Sangat jelas mereka sedang mempersiapkan (parade) yang besar,” kata Vincent Brooks, mantan komandan Pasukan AS Korea (USFK) pada konferensi Dewan Atlantik.

Ribuan tentara akan berbaris melalui Lapangan Kim Il Sung, yang dinamai menurut nama pendiri Korea Utara. Pemimpin Korut, Kim Jong Un akan mengawasi jalannya parade.

Prosesi kendaraan lapis baja dan tank-tank militer akan mengikuti di belakang para tentara, yang berpuncak dengan rudal apa pun yang akan ditampilkan Pyongyang.

Peringatan tahunan itu digelar di saat Korut menghadapi masa sulit karena pandemi virus Corona dan badai baru-baru ini.

Parade militer ini dianggap bertujuan untuk mengirim pesan kepada penonton domestik bahwa “meskipun kesulitan ekonomi yang mereka hadapi, mereka adalah negara yang kuat secara militer”.

Pyongyang menutup perbatasannya dengan China pada Januari untuk mencoba mencegah penularan Corona.

Dan minggu lalu pasukan Pyongyang menembak mati seorang pejabat Korea Selatan yang hanyut ke perairannya, tampaknya sebagai tindakan pencegahan virus Corona. Penembakan itu menyebabkan kemarahan di Korea Selatan.

Insiden tersebut kemudian memicu permintaan maaf yang langka dari Kim Jong Un.

Parade militer ini dianggap bertujuan untuk mengirim pesan kepada penonton domestik bahwa “meskipun kesulitan ekonomi yang mereka hadapi, mereka adalah negara yang kuat secara militer.”