by

Jakarta PSBB Total Besok, Dishub DKI Tetap Menyediakan Jalur Pesepeda

Jakarta, Inionline.id – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan jalur untuk pesepeda masih tetap disediakan saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total di DKI Jakarta. Namun, pesepeda harus senantiasa tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Perlu dipahami bahwa jalur sepeda ini, ini menjadi jalur untuk para pesepeda dalam bertransportasi dan kemudian pada hari Minggu jalur sepeda sementara ini menjadi jalur sepeda bagi warga untuk berolahraga sepeda,” kata Syafrin kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (13/9/2020).

“Oleh sebab itu, jalurnya tetap diadakan tapi tentu kami terus mendorong masyarakat yang beraktivitas dengan sepeda disini itu tetap menjalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Namun Syafrin meminta agar warga tidak berkumpul dan menyebabkan kerumunan di lokasi jalur sepeda. Jika hal ini terjadi, dikatakan Syafrin, maka petugas tidak segan-segan akan melakukan penindakan hukum sesuai Peraturan Gubernur Nomor 79 tahun 2020.

“Dan kemudian sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 79 ini sudah ada sanksinya. Jadi jika didapatkan ada yang kongkow-kongkow, ada yang berkumpul, tentu rekan-rekan dari Satpol PP itu akan melakukan penegakan hukum,” tutur syafrin.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta kembali akan menerapkan status PSBB total di Ibu Kota. Karena itu, pagi ini Pemprov DKI meniadakan kawasan khusus pesepeda.

10 titik yang ditiadakan Pemprov DKI itu tersebar di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Peniadaan kawasan khusus pesepeda ini sebagai tindak lanjut pemberlakuan PSBB di Ibu Kota, yang mulai berlaku pada 14 September 2020.