by

Amien Rais Bikin PAN Reformasi, KAMI TMenegaskan Tak Ada Afiliasi dengan Parpol

Inionline.id – Politikus senior Amien Rais kini tengah menggodok pendirian partai baru, PAN Reformasi. Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) menegaskan tidak berafiliasi dengan partai politik meski Amien Rais diketahui sempat hadir dalam deklarasi KAMI.

“KAMI adalah gerakan moral, tidak memiliki hubungan struktural-organisatoris dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun,” Deklarator KAMI Din Syamsuddin, saat dihubungi Sabtu (29/8/2020).

Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, menyebut sebelumnya Amien Rais datang ke deklarasi KAMI untuk memberikan dukungan. Hal ini karena apa yang dituju KAMI dinilai sejalan dengan cita-cita Amien Rais.

“Kaitannya dengan KAMI, Pak Amien itu kan sebelumnya sudah membuat statement sepertinya apa yang dikatakan oleh Pak Amien dengan apa yang diperjuangkan oleh kawan-kawan itu sejalan. Pak Amien hadir di sana itu bukan bagian dari anggota, tapi Pak Amien di sana itu memberikan dukungan bahwa apa yang dilakukan kawan-kawan KAMI itu sejalan dengan apa yang dicita-citakan Pak Amien,” kata Agung ketika dihubungi, Sabtu (29/8).

Lalu apakah Amien Rais akan mengajak tokoh pendiri KAMI untuk bergabung dengan partai barunya? Agung mengatakan sejauh ini tidak ada ajakan.

“Kalau ajakan, tidak ada ajakan, tapi orang-orang yang berkumpul KAMI itu kan aktivis-aktivis tentang Indonesia lebih baik ke depan. Nah, karena mereka tidak akan membentuk partai seperti yang disampaikan Bang Din (Din Syamsuddin) itu, maka saya kira tidak ada lagi di tempat baru ini yang sejalan dengan mereka. Apalagi yang hadir di sana itu tokoh sebesar Amien Rais, itu kan sesuatu juga buat mereka,” ujarnya.

Diketahui, Amien Rais sudah memiliki tekad bulat untuk membentuk partai baru. Deklarasi partai baru tersebut akan dilakukan pada Desember mendatang.

Agung Mozin, menyebut ada puluhan nama yang diusulkan untuk partai baru. Namun saat ini nama yang terkuat adalah Partai PAN Reformasi.